Longsor Putuskan Jalan Desa dan Jalur Pipa Air Bersih

0
319

img_4885

CILACAP SERAYUNEWS – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Cilacap Jawa Tengah, kembali mengakibatkan tanah longsor. Kali ini, tebing yang berada di sisi jalan desa yang menghubungkan Desa Hanum Kecamatan Dayehluhur dan Desa Palugon Kecamatan Wanareja.

Kapolres Cilacap AKBP Yudho Hermanto Sik melalui Kapolsek Dayehluhur AKP Ponijan mengatakan, peristiwa itu terjadi pada hari Selasa (29/11/2016) malam sekitar Pukul 22.00 WIB. Kemudian, terjadi longsor susulan pada Rabu (30/11/2016) sekitar pukul 06.00 WIB di blok Cukanghanja RT 01 RW 03 Dusun Sudimampir Desa Hanum Kecamatan Dayehluhur KabupatenCilacap.

Material tanah yang berasal dari tebing dengan kemiringan 90 derajat dengan ketinggian mencapai 25 meter menutup jalan sepanjang 60 meter.

“Akses jalan dari kedua arah teputus karena badan jalan tertutup marerial longsor. Akibat longsor itu juta, nemutus pipa aliran air bersih dari Sumber mata air dari sungai Cikawalon Dusun Sudimampir ke rumahwarga di Dusun Sudimampir Desa Hanum,” jelasnya, Rabu (30/11/2016).

Untuk penanganan, kata dia, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Sat Pol PP Kecamatan Dayeuhluhur dan Kepala Desa Hanum untuk penanganan bencana.

“Petugas bersama dengan Satpol PP, TNI dan Masyarakat sekitar membantu memasang pipa saluran air darurat, agar warga tetap bisa menerima air bersih dari bak penampungan sementara yang berada di sekitar lokasi,” ungkapnya.

Ia menambahkan, kondisi saat ini di lokasi kejadian, tanah masih terus bergerak berpotensi terjadi longsor susulan. Meski demikan, lokasi tersebut berada di area perkebunan dan persawahan sehingga tidak mengancam pemukiman warga.

“Untuk Keselamtan, warga sementara dilarang melintas di jalan tersebut,” pungkasnya.(adi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here