Gelombang Capai Empat Meter, Masyarakat dan Nelayan diminta Waspada

0
481
Perahu nelayan melintas di perairan Nusakambangan Cilacap. Nelayan diminta mematuhi peringatan dini gelombang tinggi dari Stasiun BMKG Cilacap. Foto : Adi Kurniawan, Serayunews

CILACAP,SERAYUNEWS.COM-Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Cilacap mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi. Kepala Kelompok Teknisi Stasiun BMKG Cilacap, Teguh Wardoyo menghimbau kepada nelayan maupun masyarakat yang sedang berwisata di pantai agar berhati hati. Pasalnya, gelombang tinggi dapat terjadi sewaktu waktu.

Dijelaskannya, tinggi gelombang maksimum di wilayah pantai selatan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta berpeluang mencapai empat meter. Tinggi gelombang itu terjadi akibat pengaruh daerah pusat tekanan rendah di Samudra Hindia selatan Jawa Barat yang hingga saat ini telah mencapai 1.006 milibar.

“Kondisi tersebut mengakibatkan peningkatan kecepatan angin yang berdampak pada peningkatan tinggi gelombang. Gelombang di wilayah pantai selatan Jateng-DIY diprakirakan berkisar 2,5-4 meter dengan kecepatan angin berkisar 8-20 knots,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, di wilayah Samudra Hindia selatan Jateng-DIY, lanjut dia, tinggi gelombang diprakirakan berkisar 2-3 meter dengan kecepatan angin berkisar 10-20 knots. Peringatan dini gelombang tinggi yang berlaku hingga 13 Januari 2017.

“Kita akan terus memantau perkembangan tinggi gelombang tersebut dan segera menginformasikan kepada masyarakat jika ada perkembangan terbaru,” pungkasnya.(adi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here