Banjir, 3 TPS di Sidareja di Pindah

0
466
banjir tps dipindah

CILACAP,SERAYUNEWS.COM-Hujan yang mengguyur Cilacap pada Selasa (14/2/2017) malam mengakibatkan sejumlah daerah terdampak banjir. Akibatnya, tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Sidareja terendam air setinggi 40 setinmeter. TPS yang sudah disiapkan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) akhinya dipindah ke tempat lebih aman.

Ketiga TPS yang terkena genangan air diantaranya TPS 01 Desa Tegalasri, TPS 01 dan TPS 03 di Desa Gunungreja Kecamatan Sidareja. Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap, Tri Komara Sidhy mengatakan, awalnya genangan air hanya merendam dua TPS. Tetapi hingga pagi, genangan makin meluas hingga delapan titik, dan merendam tiga TPS. Hal itu menyebabkan akses warga untuk menuju TPS terhambat.

“BPBD Cilacap melalui UPT Sidareja menurunkan dua unit perahu karet, untuk membantu masyarakat yang hendak menggunakan hak pilihnya. Hingga sekitar jam 12 siang ketinggian air terpantaau sekitar 30 hingga 40 sentimeter di pekarangan,” ungkapnya.

Terpisah, Komisioner KPU Cilacap, Handi Tri Ujiono mengatakan, sebelumnya KPU telah menginstruksikan agar KPPS memilih lokasi yang lebih tinggi agar tidak terdampak banjir. Selain itu lokasinya tidak boleh terlalu jauh, sehingga tidak merepotkan masyarakat saat mengunjungi TPS. Genangan tidak hanya merendam ketiga TPS tersebut, tetapi juga menyebabkan akses ke sejumlah TPS di sekitarnyaa terhambat.
“Sejauh ini belum ada laporan terkait kerusakan surat suara dan perlengkapaan logistic lainnya akibat banjir,” jelasnya.

Ia menambahkan, di TPS 01 Desa Tegalsari terdapat 463 warga yang masuk daftar pemilih tetap. Sedangkan di TPS 01 Desa Gunungreja, jumlah DPT 407 orang, dan TPS 03 Desa Gunungreja 537 orang.(adi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here