Tiket Kereta Reguler Arus Mudik Habis

Tiket KA Reguler Arus Mudik Lebaran 2017 Jakarta ke tujuan Purwokerto, Yogya, Solo, Malang dan Surabaya

0
716
Pemudik berdatangan di Stasiun Kroya Cilacap tahun 2016. Foto : Adi Kurniawan
Pemudik berdatangan di Stasiun Kroya Cilacap tahun 2016. Foto : Adi Kurniawan

CILACAP,SERAYUNEWS.COM-Meski lebaran masih tiga bulan lagi, namun masyarakat pengguna moda transportasi kereta sudah memesan dari jauh hari. Bahkan, tiket Kereta Api (KA) reguler untuk masa arus mudik angkutan lebaran 2017 dengan tujuan sejumlah daerah di Jawa Tengah habis terjual. Tiket mudik lebaran untuk KA reguler yang habis dipesan yaitu mulai keberangkatan H-7 (18/6) sampai dengan lebaran hari pertama (6/7) dari Jakarta ke tujuan Purwokerto, Yogya, Solo, Malang dan Surabaya.

Manajer Humas DAOP 5 Ixfan Hendriwintoko mengatakan,sampai dengan lebaran hari kedua (H+2) terpantau masih ramai pemudik yang menggunakan kereta api. Hal ini terlihat dari sisa tiket mudik keberangkatan lebaran hari kedua dari Jakarta yang tingggal tersisa 107 lembar tiket. Sedangkan tiket mudik dari Bandung ke arah timur yang telah habis adalah untuk keberangkatan H-3 (22/6) hingga H-2 (23/6) lebaran. Sementara yang telah menipis persediannya adalah untuk keberangkatan H-6 (sisa 323 tiket), H-5 (sisa 304 tiket) dan H-4 (sisa 199 tiket).

“Data persediaan tiket lebaran tersebut berdasarkan pantauan dari Rail Ticket System (RTS) PT KAI pada hari Kamis (31/6) pukul 15.29 WIB. Penjualan tiket lebaran pada tanggal tersebut telah memasuki tiket untuk keberangkatan H+3 lebaran (29/6),” jelasnya melalui rilis yang diterima serayunews.com, Jumat (31/3/2017).

Dikatakannya, untuk tiiket KA arus balik lebaran yang sudah dibuka penjualannya hingga keberangkatan H+3 lebaran mulai diserbu masyarakat. Tiket arus balik KA reguler ke Jakarta pada keberangkatan H+1 (27/6) tersisa sekitar 100 lembar, H+2 (28/6) tersusa 256 lembar, dan H+3 (29/6) tersisa sekitar 341 lembar.

“Untuk tiket arus balik kearah tujuan Bandung yang sudah habis dipesan adalah untuk keberangkatan H+3 lebaran. Sedangkan keberangkatan H+1dan H+2 lebaran ke arah Bandung sementara masih tersedia,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, tiket yang sudah dibuka penjualannya adalah tiket untuk KA reguler. Sementara tiket untuk KA Tambahan Lebaran yang rencananya juga akan dioperasikan oleh PT KAI saat ini belum dibuka penjualannya. Rencana KA tambahan yang dijalankan diantaranya, 38 Perjalanan atau 19 KA secara umum diwilayah Jawa, khusunya di Daop 5 Purwokerto, ada tambahan 8 perjalanan atau 4 KA, untuk ka-ka tambahan yang dijalankan yaitu, Purwojaya Lebaran kapasitas 1040 tempat duduk , Kutojaya Utara Lebaran kapasitas 1600 tempat duduk, Kutojaya Utara Tambahan 1696 tempat duduk, dan Kutojaya Selatan Lebaran 1368

“Mungkin baru akan kami buka pada pertengahan Apil untuk KA Tambahan Lebaran nanti,” katanya.

Ia menghimbau kepada pelanggan KA yang sementara ini belum mendapatkan tiket di KA-KA reguler untuk keperluan mudiknya, agar bersabar menunggu sampai dengan dijalankanya KA tambahan. Untuk mendapatkan tiket kereta tambahan, sama dengan KA reguler.

“Untuk itu kami harapkan dan kami menyarankan pada pelanggan untuk membeli melalui agen atau kanal ekternal yang telah resmi ditunjuk oleh PT KAI, mengingat jika membelinya diloket ada keterbatasan waktu,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here