12 Jam Survival di Lautan, 19 ABK Kapal Asal Cilacap Selamat

0
2137
KM Berkah Jaya Melimpah 2, Kecelakaan Laut, Nakoda Kapal, PPSC Cilacap, Serayunews,
Nakoda KM Berkah Melimpah Jaya 2, Subandi selamat dari kecelakaan laut di perairan selatan Kebumen pada Kamis (13/7/2017) malam. Subandi bertemu keluarganya di Dermaga 3 PPSC Cilacap, Jumat (14/7/2017) sore.

CILACAP,SERAYUNEWS.COM-19 Anak Buah Kapal (Abk) yang selamat dalam kecelakaan laut di perairan selatan Kebumen, tiba di Dermaga 3 Pelabuhan Perikanan Samudra Cilacap (PPSC) sekitar pukul 15.00 WIB. Mereka diangkut menggunakan Kapal Motor (KM) Colombia 2 yang menjemput para abk KM Berkah Melimpah Jaya sekitar pukul 09.00 WIB, Jumat (14/7/2017).

ABK Kapal, Serayunews.com, serayunews, PPSC, Nelayan, KM Berkah Melimpah Jaya

Sejumlah kerabat keluarga para abk yang menunggu sejak pagi, langsung histeris ketika mereka bertemu. Para keluarga sebelumnya menunggu di Dermaga Batre atau sebelah timur Dermaga Wijayapura Cilacap. Informasi lanjutan kemudian menyebutkan, kapal penjemput abk selamat berlabuh di Dermaga 3 PPSC.

Kondisi seluruh abk terlihat pucat dan kelelahan, karena selama 12 jam lebih terombang ambing dilautan setelah kapal mereka terhempas gelombang pada Kamis (13/7/2017) malam sekitar pukul 19.30 WIB (Sebelumnya, dilaporkan pukul 22.00 WIB). Seluruh Abk kemudian dibawa menggunakan kendaraan milik Basarnas Cilacap ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilacap.

Koordinator Basarnas Pos SAR Cilacap, Mulwahyono menjelaskan, kronologi kejadian kecelakaan laut KM Berkah Melimpah Jaya 2 bermula ketika kapal tersebut berada di perairan selatan Kebumen. Kapal tersebut berangkat dari PPSC sekitar pukul 11.00 WIB pada Kamis (13/7/2017), dengan tujuan Kupang Nusa Tenggara Timur. Di sekitar 30 mil laut dari Gombong, kapal yang dinakodai Subadri itu tiba tiba terhempas gelombang.

“Memang ada peringatan Gelombang Tinggi dari BMKG, pada saat kejadian informasinya gelombang mencapai enam meter. Air kemudian masuk ke bagian seluruh kapal dan ruang mesin kapal hingga nyaris tenggelam,” jelasnya kepada serayunews.com, di RSUD Cilacap Jumat (14/7/2017) sore.

KM Berkah Jaya Melimpah 2, Kecelakaan Laut, Nakoda Kapal, PPSC Cilacap, Serayunews,
Kapten sekaligus Nakoda KM Berkah Melimpah Jaya 2, Subandi memeluk haru anaknya. Subadri bersama 18 Abk lain selamat dari kecelakaan laut di perairan selatan Kebumen pada Kamis (13/7/2017) malam. Subadri bertemu keluarganya di Dermaga 3 PPSC Cilacap, Jumat (14/7/2017) sore.

Para ABK, kata dia, kemudian berusaha menyelamatkan diri dengan cara berpegangan di bagian bagian kapal. Namun naas, satu abk tidak bisa menyelamatkan diri yaitu Hari Kartona (30) jalan Cempaka RT 03 RW 03 Kelurahan Sidakaya Kecamatan Cilacap Selatan. Basarnas sendiri mendapat laporan kejadian pada Jumat (14/7/2017) pagi, sementara dua kapal yang menjemput para abk dan KM Berkah Melimpah Jaya 2 berangkat pada Kamis (13/7/2017) malam.

“Kami menerima laporan Jumat pagi, agen atau pemilik kapal yang menerima laporan kejadian langsung memberangkat dua kapal untuk menjemput abk dan menarik KM Berkah Melimpah Jaya 2 yang saat ini sudah berada di Dermaga Batre Cilacap,” ungkapnya.

Guna melakukan pencarian korban, Basarnas Cilacap memberangkatan satu tim SAR dengan menggunakan perahu Rigid Inflatable Boat (RIB).

“Berkoordinasi dengan berbagai pihak diantaranya HNSI, POLAIR Cilacap, Polair Kebumen, AL Kebumen, dan sejumlah pihak lain utk membantu proses evakuasi dan pencarian,” ungkapnya.

KM Berkah Melimpah Jaya disandarkan di Dermaga Batre atau timur Dermaga WIjayapura Cilacap setelah ditarik menggunakan kapal dair lokasi kejadian kecelakaan laut di perairan selatan Kebumen pada Kamis (13/7/2017) malam.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, data manifest surat persetujuan berlayar abk mengalami perubahan pada saat berangkat. Awalnya, manifest abk berjumlah 21 orang. Namun, ternyata yang berangkat hanya 20 orang (Sebelumnya diberitakan 21). Hari Kartona juga tidak tertulis dalam data manifest awal, Ia menggantikan Tri Wahyono. Sementara, Krisyanto juga batal berangkat.