Ribuan Gas Melon diobral, Ini Jadwal Operasi Pasarnya

0
2575
Gas Elpiji, Gas Melon, Pertamina
Petugas membongkar muatan elpiji 3 kilogram di kantor Kelurahan Sidanegara pada Operasi Pasar, Selasa 15/8/201&

CILACAP,SERAYUNEWS.COM-Pemkab Cilacap bersama Hiswana (Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak Bumi dan gas) dan Pertamina menggelar operasi pasar. Hal itu dilakukan guna mengatasi kelangkaan elpiji tiga Kilogram yang terjadi dalam beberapa hari terakhir. Operasi pasar yang dimulai pada Selasa (15/8/2017) ini, akan berlangsung hingga dua minggu kedepan. Pada operasi pasar itu, gas melon yang biasanya dijual dengan harga Rp 17.000 di tingkat pengecer akan dijual dengan harga Rp 15.500 per tabung. [Baca Juga : Gas Melon Langka? Ini Kata Pemda Cilacap]

Gas Elpiji, Gas Melon, Pertamina
Petugas membongkar muatan elpiji 3 kilogram di kantor Kelurahan Sidanegara pada Operasi Pasar, Selasa 15/8/201&

Koordinator Daerah Elpiji Cilacap pada Hiswana Migas, Indria Widya Waskita mengatakan, operasi pasar tahap pertama dilaksanakan beberapa keluarahan di eks Kotip Cilacap. Kuota yang akan didistribusikan pada operasi pasar di wilayah kota Cilacap, sebesar 9520 tabung. Pada Agustus 2017, pihaknya kembali menambah alokasi melalui kuota fakultatif ke dua sebesar 46.480 tabung. Pada pekan lalu, penambahan kuota fakultatif 44.000. Sedangkan alokasi regular elpiji 3 kilogram di Cilacap pada bulan Agustus 2017 sebayak 1.181.600 tabung.

“Kuota Fakultatif kembali ditambah untuk menunjang ketersediaan stok,” jelasnya kepada serayunews.com, Selasa (15/8/2017).

Terkait dengan kelangkaan elpiji 3 kilogram yang terjadi pada beberapa hari terakhir, Indria menilai adanya peningkatan kebutuhan di masyarakat dengan adanya Hari Libur Nasional, berupa peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI.

“Kuota sebenarnya mencukupi, bahkan ada tambahan lagi. Jadi kalau penyebab kelangkaan, kemungkinan karena bertepatan dengan bulan Agustus banyak sukuran atau perayaan peringatan kemerdekaan,” ungkapnya.

Gas Melon, Gas Elpij 3 Kilo, Pertamina
Warga mengantri membeli gas tiga kilogram pada operasi pasar yang digelar di Kantor Kelurahan Sidanegara Kecamatan Cilacap Tengah, Selasa 13 Agustus 2017

Terpisah, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kabupaten Cilacap, Kosasih mengatakan, operasi pasar akan digelar di kantor kantor kelurahan dengan harga per tabung Rp 15.500. Masyarakat yang akan membeli gas elpiji 3 kilogram, diwajibkan membawa kartu identitas. Pembelian dibatasi satu orang paling banyak membeli dua tabung. Sementara untuk operasi pasar di wilayah Cilacap Timur dan Barat akan dilakukan pada pekan depan.

“Ada 16 agen elpiji yang melaksanakan operasi pasar di wilayah kota. Untuk per kelurahan ada yang mendapat 280 dan 560 tabung. Mudah mudahan dengan operasi pasar ini tidak terjadi lagi keluhan kelangkaan elpiji,” ujarnya.

Berikut Jadwal Operasi Pasar yang digelar di tiga Kecamatan wilayah Cilacap kota :
  • 15 Agustus 2017 : Kelurahan Cilacap, ¬†Kelurahan Donan, Kelurahan Sidanegara,dan Kelurahan Kebonmanis
  • 16 Agustus 2017 : Kelurahan Tambakreja, Kelurahan Gunung Simping, Kelurahan dan Kelurahan Tritih Kulon
  • 17 Agustus 2017 : Kelurahan Tambakreja, Kelurahan Tegalrejo, Kelurahan Donan, Kelurahan Gumilir dan Kelurahan Tritih Kulon
  • 18 Agustus 2017 : Kelurahan Sidakaya, Kelurahan Lomanis dan Kelurahan Karang Talun
  • 19 Agustus 2017 : Kelurahan Tegalkamulyan, Kelurahan Kutawaru, Kelurahan Sidanegara dan Kelurahan Mertasinga
Gas Elpiji 3 Kilogram, Gas Melon, pertamina
Murah, Elpiji 3 Kilogram pada operasi pasar dijual Rp 15.000 per tabung