Rabu, 1 Desember 2021

132 Warga Terdampak Pandemi di Purbalingga Terima Kartu Prakerja

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) menyerahkan secara simbolis Kartu Prakerja, Kamis (28/10/2021). 132 warga terdampak pandemi menerima Kartu Prakerja dan akan mendapatkan pelatihan serta disalurkan untuk mendapatkan lapangan kerja. (Joko Santoso)

Bupati Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) menyerahkan Kartu Prakerja kepada 132 orang warga.  Kartu tersebut diberikan kepada  warga terdampak pandemi yang belum memiliki pekerjaan. Penyerahan secara simbolis dilaksanakan di Pendapa Dipokusumo, Kamis (28/10/2021).


Purbalingga, serayunews.com

“Penerima Kartu Prakerja adalah warga yang belum tercover program serupa dari pemerintah pusat. Karena belum memiliki pekerjaan, mereka selanjutnya akan mendapatkan pelatihan ketrampilan dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Purbalingga,” kata Bupati Tiwi didampingi Ketua DPRD HR Bambang Irawan di sela-sela penyerahan Kartu Prakerja.

Tiwi menyampaikan pandemi menyebabkan banyak warga yang kehilangan pekerjaan. Oleh karena itu pihaknya memberikan solusi dengan program tersebut. Rencananya program ini akan dilaksanakan setiap tahun.Diungkapkan para penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan pelatihan sektor industri dan sektor enterepreneur. Pelatihan akan dilaksanakan selama dua pekan. Selama mengikuti pelatihan, penerima Kartu Prakerja juga akan mendapatkan uang saku. “Setelah mengukiti pelatihan mereka akan dibantu mendapatkan pekerjaan di perusahaan dan juga membuka usaha sendiri,” ujar Tiwi.

Tiwi mengatakan Program Kartu Prakerja merupakan program unggulan yang akan dilaksanakan setiap tahun. Program ini merupakan wujud kepedulian Pemkab kepada warga yang belum memiliki pekerjaan. “Ini juga merupakan upaya kami untuk mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan di Purbalingga,” lanjutnya.

Kepala Disnaker Purbalingga Edy Suryono dalam kesempatan yang sama mengatakan pihaknya mengalokasikan anggaran Rp 500 juta untuk Program Kartu Prakerja. Disampaikan dari 132 peserta, 112 peserta akan mengikuti pelatihan industri dan sisanya mengikuti pelatihan entrepreneur. “Kami sudah bekerja sama dengan empat perusahaan untuk menyalurkan peserta pelatihan Kartu Prakerja,” imbuhnya.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini