Jumat, 9 Desember 2022

Mane Posisi Empat, Drogba Masih Pertama

Sadio Mane membuat satu gol saat Liverpool bermain seri 1-1 melawan West Bromwich Albion (WBA), Minggu (27/12/2020). Gol itu membuat Mane masuk empat besar striker tersubur asal benua Afrika yang mencetak gol di Liga Inggris.


Liverpool, Serayunews.com

M ane kini telah membuat 90 gol di ajang Liga Inggris. Jumlah itu dia dapatkan bersama Liverpool dengan 69 gol dan Southampton dengan 21 gol. Produktivitas Mane sangat berpotensi bertambah karena dia masih bermain di Liga Inggris.

Mane yang berasal dari Senegal itu, berkiprah di Liga Inggris sejak musim 2014-2016. Dua musim pertama Mane bermain untuk Southampton. Musim selanjutnya, Mane bermain untuk Liverpool.

Pemain asal benua Afrika tersubur ketiga di ajang Liga Inggris alias di atas Mane adalah Yakubu Ayegbeni. Dikutip dari twitter Squawka, penyerang asal Nigeria itu membuat 95 gol di Liga Inggris.

Pemain asal Nigeria yang sudah pensiun itu malang melintang pada banyak klub di Liga Inggris di antaranya Middlesbrough, Portsmouth, Everton, Leicester City, Blackburn Rovers. Perbendaharaan gol Yakubu jelas tak akan bertambah.

Posisi kedua pencetak gol terbanyak Liga Inggris dari pemain benua Afrika adalah Emmanuel Adebayor. Pemain asal Togo ini membuat 97 gol. Lelaki yang belum pensiun dari lapangan hijau ini membuat gol bersama Crystal Palace, Tottenham Hotspur, Arsenal, dan Manchester City.

Posisi pertama diduduki oleh legenda Chelsea asal Pantai Gading, Didier Drogba. Pemain kelahiran 1978 itu mencetak 104 gol bersama Chelsea di ajang Liga Inggris.

Lalu bagaimana dengan Mohamed Salah yang juga berasal dari benua Afrika, tepatnya negara Mesir? Salah kini sudah membuat 88 gol di Liga Inggris. Dia mungkin akan segera merangsek ke atas daftar pemain asal Afrika yang tajam di Liga Inggris.

Berita Terpopuler

Berita Terkini