Minggu, 5 Februari 2023

834 Anggota PPS Dilantik, Ini Pesan Ketua KPU Banjarnegara

Penandatanganan berita acara, dilakukan oleh perwakilan anggota PPS yang baru dilantik oleh Ketua KPU Banjarnegara, Bambang Prasetya, di Surya Yudha Sport Center Banjarnegara, Selasa (24/1/2023). Foto. Maula/Serayunews

Sebanyak 834 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kabupaten Banjarnegara, resmi di lantik oleh KPU Banjarnegara di Gedung Surya Yudha Sport Center Banjarnegara, Selasa (24/1/2023).


Banjarnegara, serayunews.com

Ratusan anggota PPK tersebut, akan bekerja dan menyukseskan pelaksanaan Pemilu serentak 2024. Mereka tersebar di 278 desa dan kelurahan di Banjarnegara, di mana setiap desa dan kelurahan terdapat 3 anggota PPS.

Ketua KPU Banjarnegara, Bambang Puji Prasetya mengatakan, setelah dilantik para anggota PPS ini akan langsung bergerak dengan persiapan membentuk atau membuka pendaftaran calon anggota panitia pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) di setiap wilayah kerjanya.

“PPS dan Pantarlih ini, merupakan bagian dari KPU yang bertugas menyelenggarakan Pemilu, dan pelaksanaan Pemilu bisa berjalan dengan baik jika semua bekerja dengan baik dan saling bersinergi,” katanya.

Menurutnya, setelah dilantik para anggota PPS ini juga menandatangani berita acara dan fakta integritas, sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Mereka merupakan hasil seleksi, baik tertulis dengan sistem komputer dan wawancara.

Tak hanya itu, mereka juga akan bertugas melakukan verifikasi bakal calon anggota DPD RI, pemutakhiran data pemilihan dan lainnya, termasuk menjaga netralitas, serta profesionalisme dalam menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara pemilu ditingkat desa.

“Kami berharap anggota PPS yang sudah dilantik ini, bisa menjalankan tugasnya dengan baik, serta menjaga integritas sebagai anggota PPS dan menjaga marwah sebagai penyelenggara pemilu yang independen,” katanya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini