Minggu, 5 Februari 2023

Adisatrya Sulisto Gelar Sosialisasi Peran Kemitraan UMKM dan BUMN untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi  

Adisatrya Suryo Sulisto, saat menggelar sosialisasi kepada 100 peserta pelaku UMKM dari delapan kecamatan di Kabupaten Banyumas dengan mengusung tema ‘Peran Kemitraan UMKM dan BUMN untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi’ di Magnum Resort & Hotel Purwokerto, Kamis (24/11/2022). (Dok Tim Media Adisatrya)

Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Daerah Pemilihan Jawa Tengah VIII, Adisatrya Suryo Sulisto, menggelar kegiatan sosialisasi kepada 100 peserta pelaku UMKM dari delapan kecamatan di Kabupaten Banyumas dengan mengusung tema ‘Peran Kemitraan UMKM dan BUMN untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi’ di Magnum Resort & Hotel Purwokerto, Kamis (24/11/2022).


Purwokerto, serayunews.com

Kegiatan sosialisasi tersebut, merupakan kerja sama antara Komisi VI DPR RI dengan 2 (dua) BUMN karya, yaitu PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Adisatrya dalam awal sambutannya menyampaikan, pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga triwulan III/2022 tumbuh impresif 5,72%, jauh lebih baik dibandingkan dengan kondisi ekonomi negara lain. Aktivitas, mobilitas, dan daya beli masyarakat juga sudah mulai kembali normal.

“Kinerja dan ketahanan ekonomi Indonesia, masih tumbuh kuat di tengah kondisi perekonomian global yang memburuk. Hal itu menunjukkan kebijakan dan program pemulihan ekonomi nasional, berjalan sangat baik. Itu semua tidak terlepas dari peran seluruh elemen bangsa, termasuk BUMN dan pelaku UMKM,” ujar Adisatrya.

Adisatrya mengungkapkan, UMKM memiliki peranan yang sangat penting dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia. Namun dalam perkembangannya, masih terdapat beberapa hambatan yang dihadapi oleh UMKM seperti permodalan dan pemasaran produk. Salah satu cara mengatasi permasalahan UMKM, adalah melalui kemitraan dengan BUMN.

“Kemitraan BUMN dengan UMKM, merupakan langkah yang sangat positif dan penting dalam mendorong UMKM untuk tumbuh dan naik kelas. Jika BUMN mampu mensinergikan sebagai mitra bisnis strategis, maka akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dan memperkuat rantai pasok BUMN. Dan jika UMKM menjadi rantai pasok BUMN, kelangsungan UMKM dapat terus terjaga serta dapat mendorong peningkatan ekspor,” ungkap Adisatrya.

Adisatrya menambahkan, Komisi VI DPR RI dalam berbagai rapat selalu meminta kepada BUMN, untuk melibatkan para pelaku usaha setempat khususnya UMKM, dalam pelaksanaan proyek dan program kerjanya agar memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi setempat.

Lebih lanjut, Adisatrya juga mengapresiasi PT Waskita Karya dan PT Adhi Karya yang telah membangun kemitraan dengan UMKM, dalam mendukung pelaksanaan operasional BUMN dan memiliki komitmen untuk mempererat sinergitas tersebut.

“Basis pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah ekonomi kerakyatan. Oleh karena itu, saya mendorong keberpihakan BUMN untuk mendukung UMKM melalui kemitraan strategis,” jelas Adisatrya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini