Mantap! Mitra Binaan Kilang Pertamina Cilacap Juara 3 Local Hero

 

Pelaku UMKM binaan Pertamina RU IV diganjar penghargaan juara ketiga, ajang ‘Local Hero’ yang diselenggarakan PT Pertamina (Persero) untuk kategori Program Kemitraan

Konsistensi Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap dalam mendorong pelaku UMKM tetap bertahan dalam situasi apapun berbuah manis. Baru-baru ini, Asih Wijayanti, pelaku UMKM binaan Pertamina RU IV diganjar penghargaan juara ketiga, ajang ‘Local Hero’ yang diselenggarakan PT Pertamina (Persero) untuk kategori Program Kemitraan.


Cilacap, Serayunews.com

Bagi Pertamina RU IV, prestasi ini menjadi bukti kehadiran perusahaan memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

“Pertamina RU IV tentu ikut bangga atas prestasi yang diraih ibu Asih. Ini menjadi tambahan energi untuk terus memperluas jangkauan kebermanfaatan bagi masyarakat,” kata Hatim Ilwan, Area Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina RU IV Cilacap.

Dijelaskan, Local Hero merupakan event tahunan dengan misi utama menjaring tokoh-tokoh andal binaan Pertamina yang memiliki peran baik dalam konteks Corporate Social Responsibility (CSR) maupun Program Kemitraan.

“Bidang yang dilombakan adalah kategori CSR meliputi hijau, sehat, pendidikan, dan berdikari serta kategori Program Kemitraan,” ujar Hatim.

Dari beberapa tahapan yang dilalui, masih kata Hatim, Asih Wijayanti masuk 5 besar dari beberapa kandidat yang diusulkan oleh seluruh unit dan anak usaha di lingkungan Pertamina untuk kemudian diwawancarai secara daring.

“Karena situasi masih pandemi, wawancara secara daring oleh para juri, yang salah satunya adalah artis Teuku Wisnu. Alhamdulillah hasil akhir beliau juara 3,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Asih Wijayanti menjadi sosok yang sangat layak diusung Pertamina RU IV dalam ajang Local Hero karena merupakan sosok perempuan yang pantang menyerah untuk bangkit dari situasi sulit.

“Sukses bangkit dari keterpurukan setelah sempat di-PHK dari tempat kerjanya. Lalu berkiprah dengan kerajinan memroduksi tas dan pernak-pernik rumah tangga, brand AW Collection,” terang Hatim.

Tak hanya itu, Asih juga berhasil memberdayakan kaum perempuan di lingkungan workshopnya di Jalan Pamugaran, Limbangan, Kelurahan Mertasinga, Kecamatan Cilacap Utara.

“Keberhasilan bangkit dari keterpurukan merupakan sebuah kebanggaan. Namun, kemampuan untuk memberdayakan masyarakat sekitar agar sukses dan berdaya bersama, itu nilai lebih dari Ibu Asih. Hal ini tentu sejalan dengan semangat Pertamina untuk sebanyak-banyaknya menyebarkan energi positif bagi masyarakat luas,” imbuh Hatim.

Ditambahkan Hatim, sejak 2019 Asih menjadi pelaku UMKM binaan Pertamina RU IV melalui Program Kemitraan. Selain pinjaman lunak, Pertamina juga membantu pemasaran produk-produk AW Collection, termasuk menjadikan produk pernak-perniknya menjadi rujukan.

“Salah satu berkah pandemi Covid-19 bagi AW Collection adalah menerima order ribuan APD baju hazmat untuk tenaga medis. Seperti dari Baznas 15 ribu, Pertamina 5.000, Dompet Dhuafa 5.000, termasuk Wisma Atlet Jakarta yang menjadi rumah sakit bagi panderita Covid-19 memesan 5.000 baju hazmat,” pungkasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini