Selasa, 18 Mei 2021

SMP Negeri 5 Cilacap Sosialisasikan Disinfektan Organik Eco Enzyme Ramah Lingkungan

smp negeri 5 cilacap, smp n 5 cilacap, smpn 5 cilacap, serayunews, serayu news, berita terkini, berita hari ini, disinfektan organik, eco enzyme, disinfektan ramah lingkungan
SMP Negeri 5 Cilacap mengadakan pembuatan Eco Enzyme dan mensosialisasikan dengan cara membagikan pamflet dan menyemprotan disinfektan organik Eco Enzyme ramah lingkungan sebagai Air Purifier (Pembersih Udara) yang diyakini dapat menangkal virus Corona di area Cilacap Utara Kabupaten Cilacap Jawa Tengah.

Dalam rangka menuju Sekolah Adiwiyata Mandiri, tim Adiwiyata bekerja sama dengan Perpustakaan SMART dan melibatkan Pramuka Prajatra, SMP Negeri 5 Cilacap mengadakan pembuatan Eco Enzyme dan mensosialisasikan dengan cara membagikan pamflet dan menyemprotan disinfektan organik Eco Enzyme ramah lingkungan sebagai Air Purifier (Pembersih Udara) yang diyakini dapat menangkal virus Corona di area Cilacap Utara Kabupaten Cilacap Jawa Tengah dengan tujuan membangun semangat dan kesadaran bersama, dengan pemanfaatan limbah organik dapur untuk merawat bumi dan melestarikan lingkungan.


Cilacap, serayunews.com

Cairan Eco Enzyme adalah cairan serbaguna yang merupakan hasil fermentasi dari sisa buah / sayur ,gula merah atau molase dan air (air kran,air buangan AC,air hujan ,dll ) dengan perbandingan berat 1:3:10 selama 90 hari. Eco Enzyme ini dikembangkan oleh Dr Roosukon Poompanvong pendiri Asosiasi Pertanian Organik Thailand yang telah melakukan penelitian selama 30 tahun.Eco Enzyme diperkenalkan oleh Dr Joean Oon,seorang peneliti Naturopathy dari Penang Malaysia.

Adapun rangkaian kegiatan tersebut meliputi: pembuatan Eco enzyme pada bulan Januari 2021 dan pemanenan Eco Enzyme yang dilakukan oleh Pokja Produk Unggulan dan Pokja Publikasi serta warga sekolah pada hari Sabtu, 4 April 2021 yang didampingi oleh Yani Hermawati ,S.Pd selaku Humas.

Hasil panen pertama sejumlah 5 liter Eco Enzyme murni yang terbuat dari bahan organik pisang raja,jeruk nipis,daun jeruk,sayuran (kol,wortel,oyong) serta rempah-rempah. Cairan Eco Enzyme yang dihasilkan berwarna kuning kecoklatan beraroma asam segar khas fermentasi. Pengujian  sampel Eco Enzyme murni meliputi Suhu, pH dan Salinitasnya di laboratorium DLH Kab. Cilacap.

Pada hari Senin, 5 April 2021 sekitar jam 10.30 pagi Ketua Adiwiyata Siti Maesaroh,S.Pd dan Kepala Perpustakaan SMART SMPN 5 Cilacap serta koordinator Publikasi Adiwiyata, Trima Aris Subekti,S.Pd  menyerahkan hasil uji laboratorium dan Eco Enzyme murni ke kantor  UPT Damkar  Kab. Cilacap yang diterima oleh Sholeh selaku Kasubag yang mewakili Kepala UPT Damkar Supriyadi,S.Sos,MM karena pada saat itu beliau ada agenda ke Sampang. Proses  pencampuran Eco Enzyme murni dengan 5.000 liter air dilakukan pada malam hari dan didiamkan selama semalam untuk penyemprotan esok paginya.

Sosialisasi dan penyemprotan Eco Enzyme, Selasa 6 April 2021 di buka oleh Kasidin, S. Pd selaku Kepala Sekolah didampingi oleh tim Adiwiyata ,Warsono,M.Pd dan Rini Wijayanti S.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah, A.Endang Susilowati selaku Humas ,Sutriyono,S.Pd dari Urusan Kesiswaan,serta Pembina Pramuka Prajatra yaitu Subagyo,S.Pd dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh Khusen,SagM.Pd dengan tujuan agar niat baik dalam merawat lingkungan melalui sosialisasi dan penyemprotan ini dapat berjalan lancar dan bermanfaat untuk semua.

Pelaksanakan  sosialisasi dengan menyebar pamflet  kepada masyarakat yang disuarakan oleh Pokja Publikasi diwakili oleh siswa kelas VII ,Ilona Giornata tentang siapa penemu ,manfaat serta cara pembuatan  Eco Enzyme secara singkat diiringi oleh tim Goes SMPN 5 Cilacap. Satu armada Damkar yang berisi 5000 liter disinfektan disemprotkan sepanjang jalan oleh 5 orang relawan Damkar dengan route penyemprotan di mulai dari SMP N 5 Cilacap – jalan Ketapang – jalan Tentara Pelajar – Rawa Bendungan – jalan Munggur Barat – jalan Sirisidah – jalan Tentara Pelajar – jalan Ketapang dan kembali ke SMP Negeri 5 Cilacap dengan durasi kurang lebih 1 jam.

Giat Sosial ini diharapkan dapat menebar banyak manfaat untuk diaplikasikan dan dibudayakan di rumah, sekolah dan masyarakat agar kita lebih peduli sampah dan lingkungan sebagai upaya menyelamatkan bumi sekaligus juga dapat meminimalisir pengeluaran dengan gaya Eco Enzyme. Mari kita dukung bersama gerakan peduli sampah dan lingkungan. Sayangi bumi. Sayangi diri. Salam Eco Enzyme.

Editor :Tim Redaksi

Berita Terkait

- Advertisement -

Berita Terkini