Kamis, 1 Desember 2022

Agen Informasi dan Publikasi Pemasyarakatan di Nusakambangan Dibentuk, Ini Tujuannya

Koordinator Wilayah Pemasyarakatan se-Nusakambangan dan Cilacap I Putu Murdiana saat Sosialisasi Pembentukan Agen Informasi dan Publikasi Pemasyarakatan di UPT Nusakambangan, di Aula Ardha Candra Wismasari Nusakambangan, Selasa (15/11/2022). (Dok Lapas Nusakambangan).

UPT Pemasyarakatan se-Nusakambangan dan Cilacap kini diperkuat dengan agen informasi dan publikasi pemasyarakatan. Agen ini dibentuk untuk memperkuat sektor kehumasan dalam menyebarluaskan informasi, termasuk kinerja dan pelayanan terkait Pemasyarakatan di Nusakambangan.


Nusakambangan, serayunews.com

Koordinator Wilayah Pemasyarakatan se-Nusakambangan dan Cilacap I Putu Murdiana mengatakan, Nusakambangan sebagai salah satu kawasan khusus di sebuah pulau dan sebagai tempat pembinaan narapidana yang memiliki risiko tinggi, memiliki peran sangat penting untuk mempublikasikan kinerjanya sebagai pertanggungjawaban kepada masyarakat.

“Humas sebagai corong informasi publik harus betul-betul memberitakan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Putu yang juga Kepala Lapas Batu, saat Sosialisasi Pembentukan Agen Informasi dan Publikasi Pemasyarakatan di UPT Nusakambangan, di Aula Ardha Candra Wismasari Nusakambangan, Selasa (15/11/2022).

Putu menyampaikan, saat ini telah diluncurkan program Grand Strategy Komunikasi Humas Pemasyarakatan oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan pada tanggal 9 November 2022 di Jakarta.

Menurutnya, inti dari strategi ini adalah untuk menyampaikan informasi memperkuat pemahaman, membangun ketertarikan dan keterlibatan publik serta mendorong dukungan pembuat kebijakan dalam pelaksanaan sistem Pemasyarakatan.

Putu berharap Grand Strategi ini menjadi panduan bagi petugas Pemasyarakatan dalam mengelola informasi dan isu strategis Pemasyarakatan, sarana refleksi dan evaluasi pelaksanaan sistem Pemasyarakatan, menjelaskan kebijakan nasional Pemasyarakatan, serta mengelola wadah partisipasi masyarakat.

“Sosialisasi ini diikuti oleh seluruh pejabat struktural dan pengelola Kehumasan di seluruh UPT di Nusakambangan. Diharapkan Humas Nusakambangan mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman dan teknologi sehingga masyarakat yang membutuhkan akses informasi dapat lebih mudah dan cepat,” tutupnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini