Minggu, 5 Februari 2023

Aktivitas Kawah Terus Meningkat, Pj Bupati Banjarnegara Minta Warga Tetap Tenang dan Waspada

Pj Bupati Banjarnegara bersama dengan jajaran TNI, Polri dan petugas Pos Pengamatan Gunung Dieng saat melakukan pemantauan aktivitas kawah, Rabu (18/1/2023). Foto Maula/Serayunews

Aktivitas kawah di Gunung Api Dieng Banjarnegara, terus menunjukkan aktivitasnya. Meski begitu, masyarakat hendaknya untuk tetap tenang dan waspada. Pj Bupati Banjarnegara mengungkapkannya saat melakukan tinjauan ke Kawah Timbang dan Kawah Sileri, Rabu (18/1/2023).


Banjarnegara, serayunews.com

Sesuai dengan rilis dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Badan Geologi Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral tanggal 16 Januari 2023 aktivitasnya terjadi peningkatan gas CO2, sejak tanggal 15 januari 2023.

Dengan kondisi ini, Pj Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmato meminta masyarakat untuk tetap tenang. Namun harus tetap waspada. Dia juga meminta masyarakat untuk tidak mudah terpancing isu, terkait aktivitas gunung api yang dapat meresahkan warga.

“Ada peningkatan aktivitas di gunung itu benar, bahkan statusnya juga naik dari normal menjadi waspada. Namun masyarakat tidak perlu panik, ikuti dan patuhi hasil rekomendasi tim terkait. Termasuk dengan tidak mendekat maupun beraktivitas di sekitar kawah Timbang dan Kawah Sileri dalam radius 500 hingga radius 1.000 meter dari bibir kawah,” katanya.

Dia juga meminta masyarakat tidak mudah termakan isu. BPBD bersama dengan pos pengamatan akan terus memberikan informasi terkait perkembangan aktivitas kawah. Sehingga masyarakat bisa mengikuti arahan dari BPBD, maupun PVMBG.

“Ikuti informasi dari BPBD maupun PVMBG. Artinya hanya ada satu sumber informasi resmi yang bisa jadi rujukan kebenarannya,” katanya.

Menurutnya, untuk objek wisata seperti kompleks Candi Arjuna dan Kawah Sikidang, masih aman dan tetap buka secara normal dan biasa. Untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat maupun wisatawan, saat ini BPBD, Desa, TNI, Polri, dan relawan bersama dengan pos pengamatan Gunung Dieng masih melakukan pemantauan perkembangan aktivitas kawah.

Berita Terpopuler

Berita Terkini