Sabtu, 3 Desember 2022

Aliran Sungai Klawing Meluap, Banjir Terjadi di Ruas Jalan Kaligondang

Aliran Sungai Langkap, di Kaligondang, yang merupakan anak sungai Klawing, meluap sampai ke jalan raya, menjadikan arus lalu lintas sedikit tersendat, Sabtu sore.

Hujan deras yang terjadi sejak Sabtu (12/12/2020) siang hari, mengakibatkan debit Sungai Klawing naik. Hal itu berdampak pada sejumlah anak sungai yang ada meluap, Sabtu (12/12/2020). Seperti aliran Sungai Langkap wilayah Kaligondang.


Purbalingga, Serayunews.com

Suprapti, warga Kaligondang mengatakan hujan turun sekitar pukul 14.00 WIB. Intensitas langsung tinggi dan sampai petang belum reda. Namun, pada Jumat (11/12/2020) hujan juga turun hampir semalam.

“Kemarin (Jumat, red) malam hujan semalaman, kalau hari ini tadi mulai sekitar jam dua,” kata dia, Sabtu (12/12/2020) petang.

Pada jembatan yang membentang di atas Sungai Langkap, air mulai meluap ke jalan raya sekitar pukul 16.30 WIB. Ketinggian air di jalan sekitar 20-30 sentimeter. Namun, arus yang cukup deras menjadikan kendala bagi kendaraan roda dua yang melintas.

“Sungai Langkap sudah meluap ke jalan, lumayan deras dengan tinggi semata kaki,” ujarnya.

Anggota Relawan Purbalingga Peduli (RPP), Bagus, menyampaikan debit Sungai Klawing naik sampai sekitar dua meter. Kondisi itu terjadi mulai dari wilayah atas. Akibatnya banjir membawa material yang cukup banyak.

Informasi yang terhimpun, sapanjang aliran Sungai Klawing sudah mengalami kenaikan debit. Mulai dari wilayah Onje, Slinga, dan Bancar. Namun aliran air belum sampai melampaui talud bibir sungai.

“Melihat debit masih tinggi, perlu diwaspadai untuk wilayah bawah. Tapi semoga saja hujan reda, dan debit turun lagi,” katanya.

Baca Juga : Banjir karena Luapan Sungai Klawing Meluas ke Pemukiman

Naiknya debit air di aliran Sungai Klawing banyak diabadikan oleh wargan. Kemudian banyak muncul di grup-grup whatsapp. Di antaranya, lokasi di Jembatan gantung penghubung Slinga-Banjaran. Dalam video menunjukkan permukaan air hampir menyentuh jembatan.

Ada juga dari jembatan Bancar Penaruban. Selain debit yang tinggi, arusnya juga terlihat deras. Apalagi banjir membawa material kayu-kayu. Sedangkan di Bendungan Slinga aliran air sudah sangat tinggi dan deras. Pusaran bawah bendungan sangat deras.

Berita Terpopuler

Berita Terkini