Rabu, 22 Maret 2023

Angin Puting Beliung Sambar Ratusan Rumah di Kawunganten Cilacap

Angin puting beliung kewunganten Cilacap

Ratusan rumah warga dan dua fasilitas umum rusak terdampak bencana angin puting beliung. Angin puting beliung itu menerjang wilayah Desa Bringkeng dan Desa Ujungmanik Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap, Kamis (9/2/2023). Dalam peristiwa itu, seorang warga terluka dan mendapat 16 jahitan di kepalanya.


Kawunganten, serayunews.com

Korban luka itu satu orang bernama Ngadiyo (60) warga Dusun Banjursari Desa Ujungmanik Kecamatan Kawunganten Cilacap. Korban terluka pada bagian kepala karena tertimpa reruntuhan atap rumah saat terjadi angin puting beliung tersebut. Karena itu, warga membawa Ngadiyo ke puskesmas.

“Satu orang laki-laki tertimpa atap, bagian kepala mengalami luka. Dia mrndapatkan 16 jahitan,” ujar Kasi Humas Polresta Cilacap Iptu Gatot Tri Hartanto dalam keterangan rilisnya, Jumat (10/2/2023).

Sementara itu, petugas dari Forkopimcam, BPBD, perangkat desa dan warga menbantu membersihkan puing reruntuhan atap rumah warga maupun pepohonan yang tumbang akibat kejadian angin puting beliung tersebut.

Baca juga : Waspada! Siklon Tropis Freddy Sebabkan Cuaca Ekstrem di Cilacap, Masyarakat Diminta Berhati-hati

Berdasar data BPBD Kabupaten Cilacap, dampak angin puting beliung di wilayah Kawunganten mengakibatkan sedikitnya da 118 rumah dan fasilitas umum rusak. Perinciannya, di Desa Ujungmanik terdapat 91 rumah dan 2 fasilitas umum serta ada sebanyak 15 rumah rusak di Desa Bringkeng.

“Kami mengimbau kepada masyarakat sekitar waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana susulan seiring dengan adanya potensi cuaca ekstrem akhir-akhir ini,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini