Selasa, 28 September 2021

ASN Perlu Paham Politik Tapi Jaga Netralitas, Ini Kata Sekda Cilacap

Webinar Pojok Pengawasan menghadirkan Sekda Cilacap dan Ketua Bawaslu Jawa Tengah M. Fajar Saka sebagai narasumber dengan moderator Erina Hastuti. (dok istimewa)

Wawasan luas mengenai pengetahuan politik diperlukan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Cilacap, terutama untuk meneguhkan komitmen netralitas ASN pada Pemilu maupun Pilkada. Karena ASN dinilai memiliki peran startegis di masyatakat, maka dituntut profesional dengan menjaga netralitasnya.


Cilacap, serayunews.com

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Cilacap Farid Ma’ruf. Ia mengatakan, selain netral, ASN profesional juga harus obyektif dan tidak membedakan dalam pelayanan, serta sebagai bentuk kepatuhan terhadap aturan yang harus ditegakkan. Sekda berharap agar ASN di Kabupaten Cilacap dapat bekerja sesuai kompetensinya namun juga harus tahu dan paham perkembangan politik.

“Jangan sampai nanti tidak profesional karena pekerjaan pokoknya tidak dikerjakan tapi hanya masalah politik. Ini yang saya harapkan walaupun kita tidak boleh ketinggalan masalah politik,” ujar Farid Ma’ruf dalam acara webinar pojok pengawasan Bawaslu Cilacap, Senin (30/08/2021).

Menurutnya, netralitas  itu sama dengan ASN yang profesional, dalam artian ASN bisa bekerja sesuai dengan kompetensinya dan sesuai dengan keahliannya. Sehingga diharapkan menghindari hal-hal yang dilarang termasuk pada saat Pilkada 2024 mendatang.

“Saya mengingatkan kepada teman-teman ASN, tolong bertindak, berbuat yang profesional sesuai dengan aturan-aturan yang ada,” ujar Sekda.

Selain itu, Sekda juga mengharapkan peran Bawaslu dalam pengawasan dan sosialisasi kepada ASN bisa berkelanjutan dan ditingkatkan, hal ini mengingat peran ASN di birokrasi dan masyarakat yang cukup strategis. Sebab dengan program pojok pengawasan dapat membina hubungan dengan Pemda Cilacap dalam arti positif, sosialisasi dan sebagainya.

“Saya berharap kepada Bawaslu Kabupaten Cilacap bahwa webinar pojok pengawasan ini bukan yang pertama dan terakhir, saya harap berkelanjutan walaupun Pemilu masih lama,” ujarnya.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini