Selasa, 24 Mei 2022

Awas! Orang Kejari Palsu Minta Ditransfer Duit, Sasar Pejabat Banjarnegara

penipuan berkedok kejari banjarnegara, serayunews, serayu news, berita terkini, berita hari ini
Ilustrasi mesin ATM by @shayne_ch13 at freepik.com

Penipuan berkedok kejaksaan negeri (Kejari) Banjarnegara kembali muncul. Kali ini sejumlah pejabat di Banjarnegara mendapatkan telepon yang mengaku orang dari Kejari Banjarnegara dan meminta sejumlah uang.


Banjarnegara, serayunews.com

Lagu lama oknum penipu kembali muncul jelang perayaan hari besar, termasuk menjelang perayaan Idulfitri 1442 H ini. Sebelumnya penipuan yang mengatasnamakan Kasi Intel Kejari juga terjadi di Banjarnegara dengan target dunia perbankan pada Natal tahun 2020 lalu.

Gagal dengan aksi di dunia perbankan, kini oknum penipu menyasar pejabat dinas yang ada di Banjarnegara. Modusnya, oknum yang mengaku dari kejaksaan ini menghubungi telepon kantor pejabat dinas dan minta berkomunikasi dengan kepala dinas.

Baca juga  Geger, Bayi Laki-laki Ditemukan di Pinggir Sungai di Pagedongan Banjarnegara

“Oknum tersebut mengatasnamakan Kasi Intel Kejari Banjarnegara dan meminta pejabat tersebut untuk segera menelepon Kajari Banjarnegara dinomor 085335019615 karena Kajari ada butuh sesuatu,” kata Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Yasozisokhi Zebua.

Menurutnya, hingga saat ini pejabat yang sudah mendapatkan telepon dan melakukan konfirmasi adalah Sekretariat DPRD Kabupaten Banjarnegara, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Banjarnegara, Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Banjarnegara, Kepala Dinas Transmigrasi Dan Tenaga Kerja Kabupaten Banjarnegara.

“Dari banyaknya yang melapor, tentu saja banyak pejabat yang ditelepon. Kami meminta jika ada yang mengaku dari kejaksaan dan meminta sesuatu untuk tidak dilayani,” ujarnya.

Baca juga  Assessment Project, Model Pembelajaran Inovatif Masa Pandemi yang Tetap Relevan

Kepala Kejaksaan Negeri Banjarnegara Sigid J. Pribadi mengatakan, adanya telepon yang mengaku dari kejaksaan dan meminta sesuatu itu tidaklah benar. Pihaknya juga meminta jika ada hal atau oknum yang mengatasnamakan Kajari atau pejabat siapapun pada Kejaksaan Negeri Banjarnegara kiranya tidak dilayani. Apalagi bila meminta sesuatu seperti meminta sejumlah uang, itu tidak benar dan agar sesegera mengkonfirmasi langsung ke kantor kejaksaan.

“Itu sudah jelas termasuk perbuatan pidana penipuan yang dilakukan oleh pihak – pihak atau oknum yang tidak bertanggungjawab,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini