Senin, 18 Oktober 2021

Bagaimana Sedekah Laut Tahun 2021 di Cilacap? Begini Penjelasan Disporapar 

Sedekah laut, sedekah laut 2021, sedekah laut fi masa pandemi, berita terkini, berita hari i i
Sedekah laut beberapa tahun lalu di Kabupaten Cilacap. (dok istimewa)

Sedekah laut merupakan momentum pesta rakyat bagi warga Cilacap. Bahkan wisatawan dan warga lokal tumpah-ruah, menyaksikan upacara adat yang digelar setiap satu tahun sekali ini. Namun karena kini pandemi, sedekah laut tahun ini hanya dilakukan perwakilan nelayan saja.


Cilacap, serayunews.com

Kepala Bidang Promosi Wisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Cilacap Erni Suharti mengatakan, kegiatan sedekah laut kali ini akan berlangsung sederhana pada 27 Agustus 2021 mendatang.

Bahkan sedekah laut hanya akan dilaksanakan oleh sebagian perwakilan nelayan. Ini dikarenakan masih adanya pandemi Covid-19, yang tidak memperbolehkan menggelar aktivitas masyarakat yang berpotensi menimbulkan kerumunan. Dengan arti lain, pelaksanaan sedikit banyak akan sama seperti tahun 2020 kemarin.

“Tahun ini tetap ada sedekah laut, hanya saja dilaksanakan secara sederhana. Teknisnya akan digelar di tiap rukun nelayan,” katanya kepada serayunews.com, Rabu (28/7/2021).

Erni menjelaskan, kirab budaya dan iring-iringan jolen, serta pementasan tarian dan upacara adat yang biasanya digelar di pendapa kabupaten pun, kali ini tidak dilakukan. Padahal acara itu yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Bahkan masyarakat biasanya menonton berjajar rapi di jalur iring-iringan jolen, yang membentang dari Alun-alun Cilacap hingga ke Pantai Teluk Penyu.

“Termasuk pagelaran wayang di masing-masing kelompok nelayan juga tidak diadakan. Pada intinya sedekah laut kali ini hanya melaksanakan semacam inti adatnya saja,” tuturnya.

Erni juga menekankan, pihaknya meminta masyarakat agar bersabar karena tidak dapat menyaksikan perayaan kebudayaan terbesar di Cilacap ini. Karena ada hal yang saat ini lebih penting, yakni menjaga kesehatan masyarakat.

“Sabar dulu, pasti cukup banyak masyarakat yang kangen dengan sedekah laut. Semoga saja tahun depan sudah dapat diadakan secara normal,” jelasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini