Rabu, 5 Oktober 2022

Banjir di Kawunganten Cilacap Surut, Aktivitas Warga Mulai Normal

Banjir di Desa Kalijeruk, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap akhir pekan lalu, Jumat (15/7/2022) pagi. (Dok BPBD Cilacap)

Banjir yang sebelumnya sempat merendam 3 dusun di wilayah Desa Kalijeruk, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap, saat ini sudah surut. Banjir mulai melanda wilayah tersebut pada, Jumat (15/7/2022) pagi.


Cilacap, serayunews.com

Analis Kebencanaan BPBD Kabupaten Cilacap, Gatot Arif Widodo menjelaskan, penyebab banjir yang terjadi di Desa Kalijeruk Kawunganten tersebut. Ia mengatakan, banjir karena hujan yang mengguyur wilayah itu pada Jumat pagi dan mengakibatkan meluapnya Sungai Cigombong.

“Karena hujan, kemudian Sungai Cigombong di Desa Kalijeruk Kawunganten meluap dan menggenangi wilayah sekitarnya,” katanya kepada serayunews.com, Senin (18/7/2022).

Ia menjelaskan, adapun 3 dusun yang sempat terendam banjir meliputi Dusun Tegalanyar, Kubang, dan Gunung Tengah. Sementara, banjir mulai surut sejak, Sabtu (16/7/2022) dan surut aman pada, Minggu kemarin. Hingga kini, sebagian warga pun masih membersihkan material lumpur sisa banjir.

“Surut dan dinyatakan aman, sejak kemarin. Sementara saat banjir kemarin, ketinggian air sekitar 40 cm atau setinggi lutut orang dewasa,” ujarnya.

Akibat kejadian itu, sebanyak 150 KK atau 610 jiwa terdampak musibah banjir kali ini. Meski begitu, tidak ada laporan terkait adanya korban jiwa dalam bencana banjir tersebut. Warga di 3 dusun di Desa Kalijeruk Kawunganten ini, telah bisa beraktivitas normal mulai hari ini.

Berita Terpopuler

Berita Terkini