Selasa, 29 November 2022

Bantu Sesama, Masyarakat Desa Mergawati Kroya Cilacap Gotong Royong Perbaiki Rumah Warga

Masyarakat Dusun Nusagebang, Desa Mergawati, Kecamatan Kroya saat melaksanakan gotong-royong renovasi rumah milik salah satu warga di desa setempat, Senin (26/9/2022). (Irfan/Serayunews)

Sikap kebersamaan dan gotong-royong, menjadi salah satu cerminan bangsa Indonesia sejak lama. Seperti yang terjadi di Dusun Nusagebang, Desa Mergawati, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap baru-baru ini. Masyarakat di sana, melaksanakan perbaikan rumah milik salah satu warganya secara gotong-royong.


Kroya, serayunews.com

Kepala Dusun Nusagebang, Anggun menjelaskan, puluhan masyarakat di wilayahnya melaksanakan kegiatan perbaikan rumah milik Junaedi, warga RT 03/02 pada Minggu hingga Senin (26/9/2022). Perbaikan meliputi bagian atap, dinding, dan lantai rumah.

“Yang ikut berpartisipasi gotong-royong masyarakat dua RT, dengan bantuan juga dari bapak Babinsa setempat,” katanya kepada serayunews.com, Senin (26/9/2022).

Ia menjelaskan, sumber dana perbaikan rumah tersebut berasal dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Cilacap. Bantuan Baznas melalui program ‘Cilacap Peduli Bantuan Bedah Rumah Dhuafa’ sebesar Rp 10 juta. Selain dana dari Baznas, warga juga berinisiatif mencari donatur guna menutup kekurangan biaya renovasi.

“Terima kasih banyak kepada Bazna, warga kami yang ikut berpartisipasi. Kami pun senang dan bangga, warga semangat dan antusias, bahu-membahu memperbaiki rumah milik Bapak Junaedi,” ujarnya.

Sementara pemilik rumah yang direnovasi, Junaedi, mengaturkan terima kasih kepada semua yang terlibat dalam renovasi rumahnya. Dia pun bersyukur, lantaran rumah miliknya tidak lagi bocor dan lantainya tidak beralaskan tanah.

Ia tak dapat menyembunyikan kebahagiaannya, melihat perbaikan rumahnya secara bergotong royong. Dia berharap, gubuk miliknya tidak lagi bocor dan lantainya tidak tanah lagi.

“Kami sekeluarga hanya bisa mengucapkan terima kasih yang tak terhingga, rumah kami kini dapat bantuan dari Baznas untuk direhab oleh TNI dan warga,” ujar Junaedi.

Berita Terpopuler

Berita Terkini