Sabtu, 13 Agustus 2022

Banyumas Bangun Rumah Singgah ODGJ dan Orang Telantar, Tapi Akhir Tahun Nanti Mulai Digarap

Odgj
Butuh Penanganan Khusus, Banyumas Kirim 10 ODGJ ke RSJ di Klaten

Banyumas segera bangun rumah singgah, untuk menampung Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan Orang Telantar. Tapi, rencana itu baru akan terwujud akhir tahun 2022 nanti. Rumah singgah itu, nantinya bakal menampung 200 lebih orang-orang yang kurang beruntung tersebut.


Purwokerto, serayunews.com

Kepala Bidang Perlindungan Jaminan dan Rehabilitasi Sosial (PJRS) Dinsospermades Kabupaten Banyumas, Budi Suharyanto menjelaskan, pembangunan rumah singgah itu sudah jadi komitmen Bupati Banyumas, Achmad Husein, untuk memiliki tempat penampungan yang representatif.

Baca juga  Penggantian Aspal dengan Kerikil di Perlintasan Kereta di Sumpiuh, Akibatkan Banyak Pemotor Terjatuh

“Akhir oktober atau November kita sudah mulai pembangunan rumah singgah yang representatif, dapat menampung 200 orang lebih,” katanya.

Pembanggunan rumah singgah tersebut, menggantikan kantor pembantu yang tidak terpakai yang dibangun ulang untuk difungsikan lagi.

“Tentunya harapan kami bisa meminimalisir permasalahan khususnya orang yang gangguan jiwa,” katanya.

Kebanyakan ODGJ, rata-rata memiliki permasalahan ekonomi di keluarganya. Dengan kondisi kemiskinan di keluarganya, kerluarga pun merasa terbebani ketika harus merawat ODGJ di rumahnya.

“Jadi nanti kita rawat secara maksimal baik rehabilitasi medis dan sosial. Selama 21 hari di RSJ, lalu rehabilitasi sosial setahun,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini