Sabtu, 2 Juli 2022

Bareng dengan Kelulusan, Hari Pertama PPDB SMA Masih Sepi Peminat

Ppdb sma di Banjarnegara
Suasana PPDB online di SMAN 1 Sigaluh. Foto: Maula

Hari pertama pembukaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA secara online di wilayah Kabupaten Banjarnegara, Rabu (15/6/2022), masih sepi. Hal ini kemungkinan karena hari pertama pendaftaran online, bersamaan dengan pengumuman kelulusan siswa SMP.


Banjarnegara, serayunews.com

Sejumlah sekolah, membuka layanan bantuan pendaftaran untuk calon siswa baru. Namun hari pertama PPDB Online, tampak sepi.

Sepinya pendaftar menurut Ketua Panitia PPDB Online SMAN 1 Sigaluh, Sri Indrowati, kemungkinan karena kebanyakan sekolah baru melaksanakan pengumuman kelulusan SMP hari ini.

Baca juga  Dieng Culture Festival 2022 Kemungkinan Bakal Digelar Terbuka, Tapi Pengunjungnya Dibatasi

“SMP Negeri di Banjarnegara baru pengumuman kelulusan hari ini. Jadi Surat Keterangan Lulus l, baru keluar paling cepat hari ini. Padahal salah satu syarat untuk membuat akun pendaftaran PPDB Online adalah pindaian surat tersebut,” katanya.

Selain karena masalah itu, tambah Sri, para calon siswa juga terkendala oleh titik koordinat rumah yang sering kali tidak sesuai. Padahal titik koordinat rumah, sangat menentukan dalam sistem zonasi PPDB.

“Tadi kita mencoba mendaftarkan akun satu siswa, ternyata titik koordinatnya cukup jauh dari lokasi rumah. Sehingga itu merugikan siswa. Maka admin kami membantu untuk menyesuaikan koordinatnya,” katanya.

Baca juga  Jelang PPDB, Pj Bupati Minta Tak Ada Pungutan Sekolah di Banjarnegara

Untuk diketahui, pengajuan akun PPDB online sebenarnya bisa dilakukan sendiri oleh para siswa.

“Namun untuk mengantisipasi kesalahan dan kendala jaringan kita menyediakan puluhan operator pendaftaran yang akan membantu para siswa yang mendaftar langsung ke sekolah,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini