Sabtu, 18 September 2021

Baru! Tak Ada Lagi Parkir Manual di Terminal Bulupitu Purwokerto

Sistem parkir gate di Terminal Kelas A Bulupitu Purwokerto. (dok istimewa)

Selama bertahun-tahun sejak dibangunnya Terminal Kelas A Bulupitu Purwokerto menggunakan sistem parkir manual. Namun, karena dianggap sudah usang sekaligus kurang efisien, akhirnya teminal tersebut menggunakan sistem parkir gate. Pengunjung atau calon penumpang bus yang datang bisa hanya cukup memencet tombol hingga kemudian muncul tiket parkir.


Purwokerto, serayunews.com

Peresmian tersebut langsung dihadiri oleh Bupati Banyumas, Achmad Husein. Menurutnya sistem parkir gate tersebut sebagai upaya meningkatkan sistem keamanan sekaligus kenyamanan para pengunjung. Kemudian juga sebagai langkah transparasi dan akuntabilitas pihak pengelola terminal.

Sementara itu menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub), Agus Nur Hadie sebagai pelengkap di teminal tersebut, ke depannya akan ada panggung hiburan, cafe, serta wisata alternatif bagi keluarga.

“Hingga saat ini terminal Bulupitu secara fisik memang milik pemerintah pusat. Namun, mulai halaman depan sampai taman itu dikelola oleh Pemkab Banyumas, luasannya sampai 4,5 hektar,” kata dia.

Dari potensi lahan tersebut, Agus mengaku pihaknya menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari lokasi tersebut sebulannya Rp 150 juta. Dengan sistem parking gate yang baru pihaknya menargetkan parkir awal bulan nanti Rp 175 juta per bulannya.

Berita Terkait

Berita Terkini