Sabtu, 2 Juli 2022

BBPOM Grebek Rumah Produksi Jamu Ilegal di Gentasari

Kepala Balai Besar POM Semarang, Endang Pudjiwati menunjukan berbagai jenis jamu ilegal yang diproduksi disebuah rumah di Desa Gentasari Kecamatan Kroya

CILACAP,SERAYUNEWS.COM – Petugas Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Semarang menggrebek sebuah rumah produksi ilegal di Desa Gentasari. Penggrebekan itu dipimpin langsung Kepala Balai Besar Pom Semarang Endang Pudjiwati, Kamis (19/4/2018) sore.

Dalam penggrebekan itu, petugas mengamankan ratusan jamu siap edar yang diduga dicampur dengan bahan kimia obat. Endang mengungkapan, tindakan tersebut merupakan pengembangan dari temuan tim di Tegal. Setelah ditelusuri, temuan jamu ilegal tersebut diproduksi di Desa Gentasari Kecamatan Kroya.

Baca juga  Penjual Minyak Goreng Kemasan Abal-abal di Banjarnegara, Siap Disidangkan

“Kami menindaklanjuti temuan di Tegal terkait sejumlah jamu ilegal yang dipasarkan disana. Ternyata setelah dilakukan pengembangan, jamu tersebut diproduksi di Gentasari,” jelasnya.

Jamu Ilegal
Petugas Balai Besar POM Semarang mengamankan sejumlah alat yang digunakan produsen jamu Ilegal di Desa Gentasari Kecamatan Kroya

Dikatakannya, produsen jamu berinisial MJ menyewa sebuah rumah untuk memproduksi berbagai jenis jamu. MJ tidak selalu memproduksi jamu setiap hari, tetapi sesuai dengan permintaan pasar. Jamu yang diproduksi diantaranya Jamu Pegel Linu Cap Naga, Jamu Batu Pilek, Jamu kuat, jamu pelangsing dan beberapa jamu lainnya.

Baca juga  Populer di Serayunews, dari Berita Bos Edi sampai Update Tol Jogja-Cilacap

“Jamu tersebut dipasarkan di Jawa Timur dan beberapa kota di Jawa Tengah. Barang bukti yang ada berupa jamu dan berbagai macam alatnya kami bawa ke Semarang,” ungkapya.

Atas perbuatanya, MJ dijerat dengan Undang Undang Kesehatan karena memproduksi dan mengedarkan jamu tanpa ijin. Ancaman hukumannya, yaitu 15 tahun penjara dan denda maksimal Rp 1,5 milliar.

Berita Terkait

Berita Terkini