Kamis, 7 Juli 2022

Begini Cara Pemkab Cilacap Menjamin Kelancaran Belajar di Tengah Ancaman Wabah Hepatitis Akut

Kepala Dinas Kesehatan Cilacap Pramesti Griana Dewi. (Dok serayunews)

Guna menjamin pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar di tengah ancaman penyakit Hepatitis Akut, Pemkab Cilacap telah menyiapkan sejumlah strategi. Mulai dari sosialisasi hingga cara penanganan, jika terdapat siswa yang terindikasi mengalami gejala Hepatitis Akut.


Cilacap, serayunews.com

Kepala Dinas Kesehatan Cilacap, Pramesti Griyana Dewi mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cilacap, untuk melakukan upaya pencegahan penyakit Hepatitis Akut. Terlebih penyakit ini memiliki kecenderungan menyerang anak-anak.

“Terutama bagi sekolah dasar, karena siswanya cenderung anak-anak. Para guru juga telah diberitahu terkait gejala yang ditimbulkan penyakit Hepatitis Akut,” katanya kepada serayunews.com, Kamis (19/5/2022).

Baca juga  Putra Pahlawan Nasional Cilacap, Apresiasi peluncuran Buku sang Ayah Soekardjo Wirjopranoto

Ia menjelaskan, Adapun gejala awal meliputi mual, muntah, diare dan dapat disertai demam ringan. Sedangkan gejala lanjutan yakni seperti kulit dan mata kuning, air kencing berwarna pekat seperti teh, dan BAB berwarna putih pucat.

“Jadi kalau ada siswa yang mengalami gejala tersebut, agar sesegera mungkin dibawa ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat,” tuturnya.

Pramesti menyebutkan, hingga saat ini belum ada satu pun temuan penyakit tersebut di wilayah Kabupaten Cilacap. Ia pun mengimbau agar masyarakat mewaspadai adanya penyakit Hepatitis Akut misterius dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Berita Terkait

Berita Terkini