Rabu, 5 Oktober 2022

Bekali Siswa Hadapi Dunia Kerja, SMK Dr Soetomo Cilacap Hadirkan Guru Tamu dari S2P PLTU

Guru Tamu PT S2P PLTU Cilacap saat memberikan materi kepada ratusan siswa program keahlian teknik instalasi tenaga listrik SMK Dr Soetomo Cilacap, Kamis (15/9/2022). (Ulul Azmi).

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dr Soetomo Cilacap libatkan guru tamu dari PT Sumber Segara Primadaya (S2P) atau PLTU Cilacap. Kegiatan ini untuk membekali siswa dalam menghadapi dunia kerja dan industri bagi siswa program keahlian teknik instalasi tenaga listrik.


Cilacap, serayunews.com

Kepala SMK Dr Soetomo Cilacap Eko Widodo mengatakan, pembekalan materi oleh guru tamu. Adapun pesertanya sebayak 120 siswa program keahlian teknik instalasi tenaga listrik kelas X, XI dan XII. Kegiatan itu berlangsung di aula sekolah, Kamis (15/9/2022).

“Guru tamu yang memberikan materi dunia kerja dan dunia industri. Harapannya siswa punya semangat, cita-cita dan memahami akan dunia kerja,” ujar Eko Widodo.

Lebih lanjut, Eko mengatakan, target pembelajaran dari guru tamu adalah untuk menambah bekal pengetahuan dan wawasan siswa. Termasuk, lanjutnya, untuk bekal kesiapan dunia kerja dan praktik kerja industri (prakerin).

“Untuk kelas XII mempersiapkan dunia kerja, kelas XI mempersiapkan prakerin, kelas X untuk memiliki wawasan yang luas. Target sasaran anak kami kelas XII bisa mewujudkan cita-citanya, tadi sudah sampai pada test psikologi, test wawancara,” ujarnya.

Dalam pembekalannya, materi oleh dua orang guru tamu. Materi tentang sumber daya manusia oleh Dwi Kuncahyo. Sementara tentang keselamatan kesehatan kerja (K3) oleh Bari Wijayanto.

“Motivasinya dengan membekali diri karena di SMK banyak jurusan yang harus ada pengembangan. Dunia kerja bukan lagi dunia bermain anak-anak, jadi harus profesional,” ujar Dwi Kuncahyo, bagian SDM PT S2P PLTU Cilacap.

Selain itu, Dwi juga memberikan tips bagi siswa yang akan masuk dunia kerja untuk memantapkan diri, percaya diri dalam melangkah. Sehingga bisa mendapatkan pekerjaan sesuai apa yang mereka inginkan.

“Sekitar dua jam pemaparan, harapannya dengan pembekalan ini siswa akan lebih siap untuk menghadapi dunia pekerjaan. Sebab, kompetisi di luar sangat luas sehingga mereka dapat bekal secara khusus supaya siap menghadapi dunia pekerjaan yang sebenarnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Arya Firmansyah siswa kelas XII mengatakan, bahwa materi dari guru tamu dapat menambah ilmu dan bermanfaat untuk bekal dirinya menghadapi dunia kerja setelah lulus nanti.

“Materi sangat bermanfaat, karena materi dari guru tamu bagaimana persiapan untuk dunia kerja dan ilmu keselamatan kerja sangat penting bagi saya dan teman-teman saya mengetahui bahwa dunia kerja itu luas sehinga punya persiapan untuk mulai ke depan. Harapan saya bisa bekerja sebagai HRD di PT Pama,” tuturnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini