265 Rumah Terdampak Banjir di Desa Prembun

Tambak, Serayunews.com- Sebanyak 265 rumah atau Kepala Keluarga (KK) di Desa Prembun, Kecamatan Tambak, Kabupaten Banyumas, terdampak banjir setinggi lutut kaki orang dewasa, akibat meluapnya aliran sungai Kali Ijo di desa tersebut, Minggu (31/5).

Menurut keterangan Koordinator TAGANA Kabupaten Banyumas, Adi Candra, meluapnya Kali Ijo akibat hujan deras yang terus mengguyur pada hari Sabtu (30/5) di wilayah Desa Prembun dan sekitarnya.

“Akibatnya Sungai Kali Ijo yang tidka berparapet dari wilayah Bumiayu Guntur dan wilayah Kadu 3 meluap, dengan lebar kurang lebih 30 meter dengan kedalaman tiga meter,” ujarnya.

Dari data yang berhasil diperoleh oleh pihaknya, untuk wilayah Kadus 01 yang terdampak yakni RT 1 sampai 5 dengan 120 KK terdampak, kemudian wilayah Kadus 02 dari RT 3 sampai 5 dengan 85 KK terdampak, Kadus 04 RT 1, 2, 5 dan 6 dengan 60 KK yang terdampak.

“Sehingga totalnya ada sekitar 265 KK yang terdampak,” kata dia.

Atas peristiwa tersebut, dari balai Desa Prembun akan dilaksanakan penanganan dan penutupan tanggul. Dengan menggunakan karung berisikan tanah maupun pasir. Sehingga diharapkan bisa membendung luapan air yang keluar dari Kali Ijo tersebut.

“Masyarakat diharapkan tetap waspada, terlebih saat hujan deras kembali mengguyur,” ujarnya.

Komentar