Selasa, 9 Maret 2021

4.287 Lowongan Kerja di Job Fair Virtual Banyumas Diharap Bisa Kurangi Pengangguran

Bupati Bai, Achmad Husein saat membuka job fair virtual di kantor Disnakerkop UKM Banyumas, Selasa (23/2)

Bupati Banyumas, Achmad Husein menekankan job fair virtual yang digelar Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinakerkop UKM) harus mampu mengurangi angka pengangguran di Banyumas. Pasalnya, selama pandemi Covid-19, pengangguran menjadi masalah yang tumbuh di semua daerah.


Banyumas, Serayunews.com

“Selama pandemi ini banyak muncul pengangguran di mana-mana dan hal ini menjadi permasalahan di seluruh daerah, termasuk di Banyumas. Karena itu, job fair virtual ini harus mampu menjawab kebutuhan masyarakat akan pekerjaan, kalau bisa job fair ini berlangsung setiap hari,” katanya usai membuka job fair online di kantor Dinakerkop UKM Banyumas, Selasa (23/2). Job fair ini akan dilaksanakan sampai 24 Februari 2021.

Lebih lanjut Husein menyampaikan, ia berharap Dinakerkop UKM bisa menjadi pusat informasi terkait lowongan pekerjaan yang ada di seluruh Indonesia. Sebab, pemerintah mempunyai tanggung jawab untuk memfasilitasi serta mengantarkan para pencari kerja supaya mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Termasuk juga kewajiban untuk memberikan pembekalan dengan ketrampilan kerja, edukasi, dan lainnya.

“Hunting pekerjaan ini harus terus-menerus dibukakan ruang bagi para pencari kerja, kita mempunyai kewajiban untuk memfasilitasinya,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga menyampaikan rasa optimisnya akan pertumbuhan sektor UMKM yang mulai normal kembali. Terlebih setelah mulai dilakukan pemberian vaksin, kemudian angka kematian kasus positif Covid-19 juga menurun, maka pertumbuhan UMKM akan semakin cepat.

Baca Juga : Ada 23 Ribu Lowongan Kerja di Jobfair Virtual Pemkab Banyumas

Baca Juga : Hari Jadi Banyumas, Mahasiswa Unsoed Kritik Lewat Kata-kata di Karangan Bunga

“Di level Jawa Tengah, Kabupaten Banyumas termasuk salah satu kabupaten yang paling banyak sektor UMKM dan berkembang. Sehingga setelah pandemi ini mereda, sektor UMKM akan semakin kuat berkembang,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinakerkop UKM Kabupaten Banyumas, Joko Wiyono menyampaikan, untuk job fair virtual ini ada 74 formasi yang tersedia dengan total lowongan pekerjaan sebanyak 4.287. Lowongan pekerjaan tersebut terdiri dari berbagai tingkatan, mulai dari SMA hingga S2.

“Kita menggunakan aplikasi yang langsung terhubung ke Kemenaker dan Banyumas mengawali penggunaan aplikasi tersebut,” terangnya.

Bunda UMKM, Erna Husein menambahkan, sektor UMKM sudah mulai bergeliat kembali. Salah satu bukti konkrit adalah ekspor gula kristal yang dalam waktu dekat dibutuhkan hingga 30 ribu ton. Dimana tentunya akan membutuhkan banyak tenaga kerja untuk bisa memenuhi permintaan pasar tersebut.

Diketahui, para pencari kerja terlebih dahulu harus memiliki akun dengan mendaftarkan di website yang tersedia. Kemudian informasi lebih lanjut masyarakat bisa mengklik di : https://bit.ly/jvbms21.

Editor :Redaksi

Berita Terkait

Berita Terkini

- Advertisement -