Amankan Pemilu, Polisi Dilarang Masuk Ke TPS

Bimbingan Teknis Pengamanan TPS Operasi Mantap Brata Candi 2018

120
Simulasi Pengamanan Pilpres Pileg 2019 di Mapolres Cilacap
Simulasi Pengamanan Pilpres Pileg 2019 di Mapolres Cilacap

Cilacap, serayunews.com – Dalam pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif 2019 mendatang, anggota Polri tidak diperkenankan masuk kedalam lokasi pemungutan suara. Keberadaan personel pengamanan TPS hanya bisa atas permintaan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) apabila terjadi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Cilacap, Handi Tri Ujiono saat memamaparkan tentang kewajiban anggota pengamanan yang harus dilakukan di lokasi TPS.

“Petugas Polri tidak diperkenankan masuk kedalam lokasi pemungutan suara kecuali ada permintaan dari petugas TPS jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan,” ungkapnya, saat memberikan bimbingan teknis pengamanan TPS di Polres Cilacap, Senin (8/4/2019).

Untuk hasil pemungutan suara, kata dia, anggota Polri berkewajiban mengawal kotak suara untuk dikumpulkan di desa atau kelurahan yang kemudian di rekap ditingkat kecamatan. Dalam kegiatan bimbingan teknis tersebut dilakukan simulasi kegiatan pemungutan suara yang diperagakan oleh PPK dan PPS , anggota Linmas Cilacap Utara.

Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto melalui Waka Polres Kompol Hari Sutanto menjelaskan, seluruh personil yang melakukan pengamanan di TPS, harus mengetahui tugas dan tanggung jawabnya serta mengenali wilayah dan petugas yang ada di TPS. Para personil yang melaksanakan pengamanan di TPS dimaksudkan untukh memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemilih untuk hadir ke tps memberikan suaranya dengan benar dan juga kepada petugas penyelenggara di tps dalam rangka proses pemungutan suara.

“Segera kenali lingkungan dan kordinasikan dengan seluruh petugas TPS,” jelasnya.

Polres Cilacap menggelar apel dalam rangka bimbingan teknis pengamanan TPS Operasi Mantap Brata Candi 2018 dalam rangka pemilu Legislatif dan Pilpres 2019 diwilayah Kabupaten Cilacap yang dilaksanakan di Mapolres Cilacap Senin (8/4/2019). Kegiatan apel ini diikuti oleh 800 personil Polres Cilacap dan Polsek jajaran yang terlibat dalam pengamanan di TPS. Dalam Apel tersebut juga dilakukan pengecekan perlengkapan perorangan antara lain tongkat Polri, jas hujan, senter dan buku saku
.

Komentar