More

    Arus Ekonomi Kalangan Santri Dinilai Berpotensi

    Bupati Tiwi saat acara Halaqoh Ulama dan Tokoh Agama Kabupaten Purbalingga, di Ponpes Nuurul Quran, Desa Kedungjati Kecamatan Bukateja, Sabtu (15/8).

    Purbalingga, serayunews.com – Sejumlah pondok pesantren terima bantuan peralatan produksi. Hal tersebut sebagai wujud dukungan Pemkab terhadap pengembangan ekonomi santri. Pasalnya, arus ekonomi dari kalangan santri dinilai sangat membantu perputaran ekonomi bangsa.

    Bupati Dyah Hayuning Pratiwi menyampaikan, Pemkab Purbalingga berkomitmen dalam pengembangan pendidikan di pondok pesantren (ponpes). Tak hanya soal pendidikan ilmu agamanya. Namun, lulusan santri akan lebih memiliki nilai jika bisa memiliki kemandirian ekonomi.

    “Harapannya setelah lulus nanti, terjun ke masyarakat tidak hanya berbekal ilmu agama, namun juga kemampuan berwirausaha, sehingga akan bisa menciptakan kemandirian ekonomi,” kata Tiwi saat acara Halaqoh Ulama dan Tokoh Agama Kabupaten Purbalingga, di Ponpes Nuurul Quran, Desa Kedungjati Kecamatan Bukateja, Sabtu (15/8).

    Program pemberdayaan ekonomi santri, lanjut Tiwi, sangat baik untuk menghadapi era globalisasi saat ini. Arus ekonomi santri tentu sangat berpotensi, karena cenderung para kaum milenial. Gelombang santri di Indonesia, termasuk Purbalingga tergolong cukup kuat. Sehingga, akan sangat memberikan kontribusi bagi pemerintah dalam sektor perekonomian.

    “Setelah dapat pelatihan dan peralatan, ke depan nanti kita juga bisa bantu permodalan agar bagaimana santri ini setelah selesai pendidikan bisa mandiri, paling tidak bisa cari pekerjaan sendiri atau membuka lapangan sendiri menjadi entrepreneur,” ujarnya.

    Selain perhatian terhadap santri, pemkabjuga memperhatikan juga terkait dengan kesejahteraan terhadap guru-guru. Pemerintah tidak dapat berjalan dan bekerja sendiri tanpa dukungan elemen masyarakat utamanya para alim ulama. Seperti yang tercantum dalam visi Purbalingga yakni Purbalingga yang mandiri, berdaya saing menuju masyarakat sejahtera dan berakhlakul karimah.

    “Sehingga perlu adanya sinergi antara para ulama, umaro, dan umat untuk mewujudkan Purbalingga yang Berakhlakul Karimah,” ujarnya.

    Kyai Ma’ruf Salim atau yang akrab disapa Gus Salim selaku penggagas kegiatan Halaqoh mengatakan pesantren,TPQ, majelis talim dan madin menjadi lembaga pendidikan keagamaan yang teruji dalam rangka pembentukan karakter masyarakat yang berakhlak mulia. Para kyai dari pesantren, guru-guru TPQ, Majelis Talim dan madin dalam melaksanakan pendidikan keagamaan sesuai dengan visi misi Kabupaten Purbalingga.

    “Dalam upaya merealisasikan visi misi tersebut Pemkab Purbalingga dibawah kepemimpinan bu Tiwi telah bersinergi dengan ponpes, majelis talim, madrasah diniyah dan tidak lepas dari peran para kyai,” kata Gus Salim.

    Mengenai pengembangan ekonomi santri, sampai saat ini sudah muncul sejumlah produk dari beberapa sektor usaha. Mulai dari sektor peternakan, perikanan, produk makanan, sampai kerajinan. Bantuan modal, dan peralatan dinilai sangat membantu. Bahkan, akan sangat terbantu lagi dengan bantuan pemasaran.

    “Selaras dengan harapan kami (pengasuh ponpes, red) setelah lulus nanti para santri bisa menciptakan kemandirian ekonomi, bahkan insya Allah bisa mengembangkan usahanya sehingga membuka peluang pekerjaan bagi masyarakat,” katanya.

    Tiwi diundang dan hadir dalam acara tersebut bersama Ketua DPD Partai Golkar Purbalingga Sudono. Tiwi dan Sudono juga merupakan Pasangan Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati (Bacabup dan Bacawabup) yang akan maju di Pilkada Purbalingga 9 Desember mendatang. (Amin)

    Berita Terkait

    HUT Ke 75 PMI, Ratusan Warga Donor Darah Untuk Kemanusiaan

    BANJARNEGARA, Serayunews.com-Memeringati hari PMI ke 75, ratusan warga mengikuti kegiatan donor darah yang dilaksanakan di sekretariat PMI Cabang Banjarnegara. Kegiatan tersebut digelar sebagai wujud...

    Saling Mendukung Usaha Sesama Alumni, Ganesa Gelar Pelatihan Usaha 

      Purbalingga, Serayunews.com-Tidak sedikit alumnus SMA N 1 Purbalingga yang menekuni usaha mikro, kecil, menengah (UMKM). Namun, banyak juga yang belum menerapkan manajemen usaha yang...

    Wajib Terapkan Protokol Kesehatan,  Pasangan Calon Bupati  Boleh Kampanye Terbuka

    Purbalingga, Serayunews.com - Tahapan kampanye Pilkada Kabupaten Purbalingga akan dilaksanakan pada 26 September sampai 5 Desember mendatang. Para pasangan calon pun tetap diperbolehkan menggelar...

    Uang Retribusi Sampah dan BBM Senilai Ratusan Juta Diduga Dikorupsi, 30 Orang Dari DLH Diperiksa Kejaksaan

    Purbalingga, serayunews.com - Uang retribusi sampah dari masyarakat diduga dikorupsi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Purbalingga. Tak hanya itu, anggaran dana BBM operasional...

    Berita Terkini

    HUT Ke 75 PMI, Ratusan Warga Donor Darah Untuk Kemanusiaan

    BANJARNEGARA, Serayunews.com-Memeringati hari PMI ke 75, ratusan warga mengikuti kegiatan donor darah yang dilaksanakan di sekretariat PMI Cabang Banjarnegara. Kegiatan tersebut digelar sebagai wujud...

    Barisan Politisi Kampung Targetkan Raup Suara 80 Persen Untuk Pasangan Tiwi-Dono

    Purbalingga, Serayunews.com - Dukungan kepada pasangan bakal calon Bupati-Wakil Bupati Tiwi-Dono bertambah. Kali ini, dukungan datang dari para politisi kampung. Mereka bersatu dan membuat...

    DPRD Apresiasi Serapan Anggaran APBD, Banjarnegara Masuk 10 Besar Tingkat Nasional

    BANJARNEGARA, Serayunews.com-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banjarnegara menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) APBD perubahan Kabupaten Banjarnegara Tahun Anggaran 2020. Persetujuan atas Raperda ini tercermin...

    Korsleting di Kandang Ayam, Ruko Terbakar

    Cilacap, Serayunews.com-Kebakaran terjadi di Dusun Petenangan Desa Bantarsari Kecamatan Bantarsari, Sabtu (19/9/2020) sekitar Pukul 13.30 WIB. Kebakaran diduga diakibatkan adanya korsleting di kandang ayam...