Selasa, 18 Mei 2021

Awas! Ada Ancaman Banjir di Sekitar Wilayah Cilacap, Ini yang Dilakukan BPBD 

Banjir di Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap beberapa waktu lalu.

Berdasarkan hasil analisis data dari BMKG dengan Impact Based Forecast (IBF) serta BNPB dan InaRisk, perlu diwaspadai potensi banjir pada 4 sampai 6 Mei 2021 di sekitar wilayah Kabupaten Cilacap. Untuk itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Cilacap melakukan sejumlah antisipasi.


Cilacap, serayunews.com

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap Tri Komara mengatakan, terdapat sejumlah wilayah yang disinyalir terdapat potensi banjir di sekitar Kabupaten Cilacap, antara lain, Brebes, Tegal, Ciamis dan Tasikmalaya. Dengan potensi banjir berstatus siaga hingga waspada.

“Kalau dilihat dari letaknya memang jauh dari Kabupaten Cilacap, tapi ini kan kita bicara mengenai cuaca. Bisa saja bergeser secara cepat, apalagi Cilacap bagian barat seperti Majenang, Wanareja dan Dayeuhluhur itu dekat dengan Ciamis maupun Brebes,” katanya kepada serayunews.com, Selasa (4/5/2021).

Ia menjelaskan, antisipasi yang dilakukan sesuai dengan anjuran dari BNPB, dengan memantau kondisi terkini dan menyebarkan informasi peringatan curah hujan. Kemudian tinggi muka air dan potensi wilayah yang terdampak. Serta Koordinasi dengan stakeholder dalam penyiapan tim siaga bencana dan sumberdaya.

“Kami pun melakukan identifikasi tempat pengungsian, termasuk infrastruktur yang sesuai dengan protokol kesehatan. Serta menyiapkan kebutuhan logistik dan peralatannya. Memastikan alat peringatan dini berfungsi dengan baik juga dilakukan,” tuturnya.

Serta yang tidak kalah penting, kata dia, dengan memastikan ketersediaan rambu dan jalur evakuasi. Dengan begitu masyarakat dan seluruh komponen kesiagaan bencana baik di tingkat kabupaten, kecamatan maupun desa akan lebih mudah dalam mengambil langkah antisipasi.

“Selain itu tim siaga bencana di lapangan juga sudah melakukan koordinasi dengan aparatur desa dan mempersiapan evakuasi. Kami juga menghimbau kepada masyarakat, agar menyimpan barang penting ke tempat aman, kemudian membatasi aktivitas di luar rumah dan jika berada di luar rumah hindari pohon besar, baliho, dan saluran air/gorong-gorong,” jelasnya.

Editor :M Amron

Berita Terkait

- Advertisement -

Berita Terkini