Selasa, 18 Mei 2021

Batik Ecoprint Purbalingga Potensial Berkembang Karena Ramah Lingkungan

Mentri Ketenagakerjaan RI Dr. Dra. Hj. Ida Fauziyah, M.Si. saat mempraktikkan pembuatan batik ecoprint di Desa Bajong, Kecamatan Bukateja, Purbalingga, Senin (03/05/2021) sore.

Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziah melakukan kunjungan ke Kabupaten Purbalingga, Senin (03/05/2021). Pada kesempatan itu, dia menyambangi perajin Batik Ecoprint Desa Bajong, Kecamatan Bukateja. Menurutnya produk ecoprint akan membantu peningkatan ekonomi pelaku UMKM. Sebab, saat ini tren busana dari ecoprint mulai digandrungi masyarakat.


Bukateja, serayunews.com

Ida Fauzian menyampaikan bahwa peluang sangat bagus. Diyakini sangat bisa untuk berkembang dan semakin digandrungi. Hal itu didasarkan pada kecenderungan masyarakat yang mulai sadar lingkungan.

“Peluangnya, sekarang lagi banyak diminati, ini juga ramah lingkungan, semua dari alam,” kata Ida, Senin sore.

Sesuai namanya, batik ecoprint merupakan batik cetak. Motif yang digunakan merupakan dedaunan. Pewarna yang digunakan juga pewarna alami. Sehingga sangat ramah lingkungan termasuk limbahnya.

Di Kabupaten Purbalingga, setidaknya ada 36 kelompok yang memproduksi  batik ecoprint saat ini. Jika konsisten berkarya, dann terus berkembang, maka bukan hal mustahil akan menjadi pusat ecoprint.

“Saat ini orang kecenderungan menjaga lingkungan, jadi ini bisa menjadi pilihan. Kita dorong agar nanti Purbalingga jadi ppusat ecoprint, jika setiap kecamatan memproduksi, bisa jadi itu,” ujarnya.

Mentri Ketenagakerjaan RI Dr. Dra. Hj. Ida Fauziyah, M.Si. saat mempraktikkan pembuatan batik ecoprint di Desa Bajong, Kecamatan Bukateja, Purbalingga, Senin (03/05/2021) sore.

Kelompok perajin batik ecoprint ini merupakan salah satu kelompok yang sempat mendapatkan bantuan dari kementrian. Dirinya senang karena program pemerintah dapat dirasakan manfaatnya.

“Nanti akan kita fasilitasi untuk pelatihan pemasaran, karena saat ini penting untuk digital marketing, nanti kita berikan pelatihan di BLK kementrian,” kata dia.

Editor :M Amron

Berita Terkait

- Advertisement -

Berita Terkini