Baznas Banjarnegara Tak Hanya Urusi Derma, Tapi Juga Latih Kewirausahaan para Pemuda

Sejumlah 48 remaja usia produktif telah lulus mengikuti Pelatihan Kerja Usaha Ekonomi Produktif yang diselenggarakan oleh Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Banjarnegara, Jumat (27/11/2020).

Sekretaris Baznas Banjarnegara Eko Djunaidi mengatakan, dalam pelatihan ini, 48 peserta merupakan remaja usia produktif yang memiliki semangat bekerja dan berwirausaha.


Banjarnegara, Serayunews.com

Para peserta terbagi dalam tiga jenis bidang usaha, yakni perbengkelan sepeda motor, teknisi handphone, dan barber (pangkas rambut). Untuk pelatihan perbengkelan sepeda motor diikuti oleh 8 orang dengan waktu pelatihan 16 hari. Untuk teknisi handphone dan barber masing-masing diikuti oleh 20 orang peserta dengan lama pelatihan 5 dan 4 hari.

“Dari ketiga jenis pelatihan tersebut alhamdulillah semuanya telah berhasil menyelesaikan pelatihan dengan hasil yang memuaskan. Semua peserta pelatihan berhak atas sertifikat sebagai legimitasi bahwa mereka telah memiliki keterampilan yang terukur sesuai bidangnya. Tidak hanya itu, peserta yang lulus juga mendapatkan bantuan peralatan sebagai modal praktik dan membuka usaha sesuai bidangnya,” katanya.

Baca Juga : Ringankan Beban Korban Longsor Gumelem, Baznas dan PMI Salurkan Material Bangunan serta Bahan Makanan

Baca Juga : Baznas dan IPHI Banjarnegara Salurkan Bantuan Hampir 500 Juta

Sementara itu, Ketua Baznas Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomo berharap dengan kegiatan ini akan berdampak terhadap berkurangnya jumlah pengangguran di Banjarnegara. Karena kegiatan ini merupakan bentuk nyata kepedulian Baznas Banjarnegara dalam membantu pemerintah untuk mengurangi angka kemiskinan di Banjarnegara.

“Ilmu yang sudah diperoleh selama pelatihan untuk benar-benar dipraktikkan, agar bermanfaat untuk diri sendiri dan lingkungan,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini