Minggu, 28 Februari 2021

Bermain Game Online Bisa Berikan Dampak Positif

Purwokerto, Serayunews.com- Kebanyakan orang mempercayai bermain game online hanya memberikan dampak buruk atau negatif pada anak. Padahal, tidak semua game online memberikan dampak negatif.

Anda bisa merasakan pengaruh positifnya jika tidak dilakukan secara berlebihan. Sebab, semua tindakan yang dilakukan seseorang pasti memiliki sisi positif dan negatif, termasuk bermain game online.

Pada dasarnya, dampak bermain game tidak selalu jelek. Seperti dilansir zurich.co.id, Anda hanya perlu melihatnya dari segi yang berbeda dari biasanya.  Nah, berikut ini dampak positif dari bermain yang bisa Anda rasakan.

1. Menambah Aktivitas Otak

Satu dampak positif game online yang bisa Anda rasakan yaitu menambah dan mengasah aktivitas otak. Sebab, pada setiap permainan dibutuhkan konsentrasi tinggi agar dapat fokus mencapai skor tertinggi.

Selain itu, sambil menyelesaikan misi dibutuhkan strategi tepat. Sehingga memaksa otak untuk mencari inovasi agar dapat menang melawan musuh.

2. Melatih Rasa Kesportifan Terhadap Lawan

Pengaruh game online selanjutnya yaitu dapat melatih rasa sportifan pada lawan. Hal ini dapat membuat lebih siap menerima kekalahan tanpa rasa putus asa ataupun kemenangan dengan rendah hati.

Cara seperti ini dapat membuat Anda bermain lebih jujur mengikuti aturan yang berlaku. Biasanya permainan e-sport ini tidak hanya dipelajari oleh para orang dewasa saja, namun anak-anak hingga remaja pun bisa mengerti makna dari bermain game online.

Permainan online memang dapat dimainkan oleh hampir segala usia. Namun tetap pastikan mengawasi anak-anak agar tidak berlebihan dalam memainkannya.

3. Membiasakan Diri dengan Lebih dari Satu Aktivitas

Agar dapat mencapai kesuksesan dalam bermain game online, dibutuhkan keahlian yang baik. Oleh karena itu, Anda membutuhkan konsentrasi tinggi agar dapat melakukan hal tersebut. Kebiasaan tersebut dapat menghasilkan dampak positif yakni terbiasa melakukan lebih dari satu kegiatan secara bersamaan.

4. Mengasah Kemampuan Kerja sebagai Tim

Di dalam area permainan online seringkali dibutuhkan kerjasama tim untuk mendapatkan sebuah kemenangan dan bonus. Oleh karena itu, Anda pun akan dilatih agar terbiasa berkomunikasi aktif bersama tim untuk saling membantu dan mendukung.

Komunikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatur strategi antar pemain agar semakin kompak melawan musuh.  Ini sangat penting supaya kemenangan lebih mudah diperoleh.

Nah, coba rasakan setelah bermain. Ternyata, memainkan permainan online tidak selalu buruk jika tidak dilakukan secara berlebihan. (Alfi)

Berita Terkait

Berita Terkini

- Advertisement -