Minggu, 28 Februari 2021

Covid Makin Ganas! Satu Perangkat Desa Pehobi Sepeda di Gentasari Terkonfirmasi Positif

Seorang Perangkat Desa di Gentasari Kecamatan kroya terpapar Covid 19. Dari hasil penelusuran riwayatnya diduga perangkat desa tersebut tertular dari wilayah luar karena hobinya bersepeda. Sebelum terindikasi Covid-19  perangkat tersebut juga menjalani perawatan di Rumah Sakit akibat terkena tipes. Setelah dilakukan tiga kali swab, hasil pertama negatif, swab ke dua positif dan swab ke tiga masih menunggu hasil.


Cilacap, Serayunews.com

Kepala Desa Gentasari sekaligus Ketua Satgas Covid-19 Desa Budi Harsono mengatakan, ada salah satu perangkatnya terindikasi terpapar Covid-19. Hal tersebut diketahui dari tiga kali swab salah satu hasilnya menunjukkan positif, namun masih menunggu hasil swab yang ke tiga.

“Hasil swab pertama negatif, swab ke dua positif dan swab ke tiga masih menunggu hasil, jadi sementara yang dipakai swab ke dua,” ujar Budi, saat dihubungi pada Rabu malam (20/01).

Menurutnya, dari keterangan yang diperoleh berdasarkan riwayat, diduga terpapar dari luar karena hobinya bersepeda, namun sebelum diketahui positif, yang bersangkutan alami demam dan divonis tipes.

“Yang bersangkutan pehobi sepeda, diduga bisa terpapar dari mana saja, namun sebelumnya juga sakit demam setelah kehujanan membetulkan saluran air yang mampet dan setelah berobat divonis tipes, karena tak kunjung sembuh kemudian berobat ke RS Medika Lestari, karena bergejala Covid akhirnya dilakukan swab,” katanya.

Langkah selanjutnya, kata dia, pihak desa berkoordinasi dengan Puskesmas 2 Kroya, untuk dilakukan tracing kontak erat dengan yang bersangkutan. Selain itu, juga akan dilakukan swab kepada kontak erat, serta dilakukan penyemprotan disinfektan.

Sementara kepada keluarga yang terkonfirmasi akan diberi bantuan sembako, serta bagi yang kontak erat diminta untuk isolasi mandiri sambil menunggu jadwal swab.

“Kontak erat kita minta untuk isolasi mandiri, dan untuk pelayanan kantor desa masih buka namun protokol kesehatan lebih diperketat,” katanya.

Satgas Covid-19 tingkat desa menghimbau kepada masyarakat setempat untuk tetap tenang dan selalu menerapkan protokol kesehatan dengan 3 M yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan.(Ulul)

Berita Terkait

Berita Terkini

- Advertisement -