Para Calon Pelamar CPNS mengurus sejumlah persyaratan dokumen. Foto Adi Kurniawan
Para Calon Pelamar CPNS mengurus sejumlah persyaratan dokumen. Foto Adi Kurniawan

Cilacap, Serayunews.com-Pemerintah melalui Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi resmi mengumumkan penerimaan CPNS 2019. Berdasarkan surat pengumuman Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia No : B/1069/M.SM.01.00/2019, rencana pendafataran akan dimulai pada 11 November 2019.


 

Dalam daftar alokasi jumlah formasi pada surat pengumuman yang ditandatangani MenpanRB, Tjahjo Kumolo tertanggal 28 Oktober 2019 itu, Kabupaten Cilacap mendapatkan alokasi terbanyak diantara Kabupaten lain di Jawa Tengah yaitu sebesar 815. Berdasarkan pengumanan itu, berikut Alokasi Jumlah Formasi di Kabupaten Eks Karasidenan Banyumas :

Kabupaten Cilacap 815
Kabupaten Banyumas 377
Kabupaten Purbalingga 475
Kabupaten Banjarnegara 400

Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Cilacap Kabupaten Cilacap Warsono menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Cilacap sebelumnya telah mengajukan kebutuhan CPNS sebanyak 2.250. Dengan jumlah formasi sebesar 815 yang dijatah pemerintah pusat, merupakan alokasi terbanyak diantara kabupaten lain di Jawa Tengah. Alokasi jumlah formasi akan diberikan untuk mengakomodir tenaga pendidikan. Jumlahnya diperkirakan sekitar 400 atau setengah dari alokasi jumlah formasi yang ada. Sementara sisanya, untuk tenaga kesehatan dan tenaga teknis.

“Untur formasinya sedang disusun. Dengan jumlah alokasi itu, kita harus terimakasih dan harus manfaatkan sebaik mungkin,” jelasnya kepada wartawan.

Cara Daftar CPNS 2019 Melalui situs SSCASN

Para pelamar bisa mengakses situs SSCASN setelah masa pendaftaran penerimaan CPNS 2019 resmi dibuka pada 11 November mendatang.  Calon peserta seleksi CPNS 2019 harus menginput Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga.
Pastikan terlebih dahulu kedua data tersebut telah sesuai dengan data kependudukan di Dirjen Dukcapil Pusat, sebelum melakukan pendaftaran di SSCASN BKN.
Sesuai dengan penjelasan resmi BKN, cara pendaftaran CPNS 2019 melalui portal SSCASN beserta alurnya adalah sebagai berikut:
    1. Buka portal SSCASN di link https://sscasn.bkn.go.id
    2. Buat akun SSCN 2019 menggunakan NIK dan nomor kartu keluarga atau NIK Kepala Keluarga Login menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan
    3. Lengkapi biodata
    4. Pilih formasi dan jabatan sesuai pendidikan Lengkapi data,
    5. kemudian unggah dokumen
    6. Cek resume dan cetak kartu pendaftaran
Dokumen yang harus diunggah oleh para pendaftar seleksi CPNS 2019 di situs SSCASN BKN diantaranya:
    1. Scan KTP asli Foto diri pelamar
    2. Swafoto atau foto selfie pelamar
    3. Scan ijazah Scan transkrip nilai asli
    4. Beberapa dokumen pendukung lain yang dipersyaratkan oleh masing-masing instansi.
Komentar