Dimodifikasi, Mobil Damkar Jadi Tempat Cuci Tangan di Pasar

Cilacap, Serayunews.com- Merebaknya wabah virus corona di Indonesia menjadikan Pemerintah membuat kebijakan agar masyarakat tetap di rumah, sebagai pencegahan penularan. Akan tetapi, masih banyak masyarakat beraktivitas, seperti biasa. Satu diantaranya di pasar tradisional.

Padahal, pasar menjadi tempat yang rawan penularan virus corona. Untuk meminimalisir terjadinya penularan virus Korona, Unit Pemadam Kebakaran di Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Cilacap, membawa mobil damkar ke pasar-pasar.

Mobil damkar tersebut sudah dimodifikasi sedemikian rupa, dilengkapi dengam sabun, sehingga bisa dijadikan pedagang dan juga warga yang datang untuk mencuci tangan. Sebelum masuk ke pasar, dan juga keluar pasar, mereka mencuci tangan.

“Ini untuk melayani masyarakat di kerumunan yang tidak terhindarkan seperti pasar tradisional yang
tetap buka. Bukan untuk membuat kerumunan baru, tetapi karena di pasar rawan terjadi penularan pada saat transaksi, sehingga kita menyediakan fasilitas itu sebagai sarana edukasi,” kata Kepala Satpol PP Kabupaten Cilacap Yuliaman Sutrisno.

Satpol PP juga menghimbau kepada Kepala Pasar untuk menyediakan kran dan fasilitas mencuci tangan. Sehingga pedagang dan juga masyarakat yang datang berbelanja bisa memanfaatkannya.

Pada pelaksanaannya, Satpol PP juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan, kesehatan, tetap berada di rumah, jikapun keluar harus menjaga jarak, dan hindari kerumunan. Sebagai antisipasi penularan virus korona.

Mobil damkar yang dimodifikasi ini bukan hanya yang ada di Pos Cilacap saja, akan tetapi juga yang ada di Pos Sidareja, Kroya dan Majenang. Mobil damkar yang sudah dimodif teraebut setiap hari berkeliling dari pasar tradisional satu ke lainnya.

Sampai saat ini sudah ada beberapa pasar yang disinggahi, seperti Pasar Sidodadi, Karangpucung, Palem Gading, Pasar Wage, Pasar Kroya dan lainnya.

“Meski dimodifikasi, Mobil Damkar ini tetap siaga kalau ada kebakaran, karena mudah sekali untuk membuka dan memasang lagi,” katanya.

Tidak hanya itu, Satpol PP juga modifikasi spayer untuk diisi dengan disinfektan, yang kemudian menyemprot pasar. Penyemprotan dilakukan setelah seluruh kegiatan jual beli di pasar selesai dilaksanakan.

Komentar