Selasa, 9 Maret 2021

Hunian Sementara di Desa Tumanggal Purbalingga Siap Ditempati, Fasilitas Penunjangnya Apa Saja?

 


Hunian sementara (Huntara) untuk warga terdampak bencana tanah bergerak di Desa Tumanggal, Kecamatan Pengadegan selesai dibangun. Tak hanya bangunan hunian, kawasan tersebut juga dilengkapi pasar. Dalam waktu dekat, Huntara akan diresmikan dan siap ditempati.


Purbalingga, serayunews.com

“Rencananya akan diresmikan pada tanggal 28 Februari 2021,” kata Ketua Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kabupaten Purbalingga, Suprapto, Senin (22/02/2021).

Suprapto menyampaikan, total huntara yang disiapkan bagi penyintas bencana tanah bergerak di Tumanggal ada sebanyak 13 unit. Sarpras pendukung ada tujuh unit kamar mandi. Disediakan juga tempat untuk menjual hasil pertanian warga. Ketersediaan air sudah aman. Instalasi listrik juga sudah dipasang.

“Ada juga los pasar yang dapat digunakan warga setempat untuk menjual hasil pertanian warga,” ujarnya.

Huntara digagas oleh MDMC beserta Pemerintah Desa Tumanggal. Proses  pembangunan dilakukan gotong royong, oleh relawan, Babinsa dan warga setempat. Ia menyampaikan sudah mengecek seluruh fasilitas di Huntara sebelum diresmikan.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa setelah peresmian, Huntara akan diserahkan kepada warga, pihaknya tidak serta merta melepaskan. Namun akan tetap ada pendampingan.

“Nantinya akan ada pendampingan psikososial yang saat ini masih berjalan, kemudian ada pendampingan psiko spiritual yang kita serahkan ke Nasyiatul Aisyiyah (NA) dan Pemuda Muhammadiyah untuk dilanjutkan kegiatan tersebut,” kata dia.

Pendampingan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) juga dilakukan oleh MDMC Purbalingga sebagai bentuk kepedulian terhadap warga yang terdampak bencana. Menurutnya, trauma atau kesulitan ekonomi pasti dirasakan terlebih ketika pandemi covid-19.

“Maka kita adakan pendampingan dan pelatihan di samping itu kita juga ikut memasarkan hasil yang dibuat oleh warga terdampak di Dusun Pagersari, Desa Tumanggal ini,” katanya.

Kepala Desa Tumanggal, Surati mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kerjasama dari MDMC dalam penanganan pasca bencana tanah bergerak di desanya. Ia berharap dengan adanya Huntara mampu membangkitkan semangat warga Desa Tumanggal dan mengangkat perekonomian masyarakat.

“Perekonomian terangkat, taraf hidup masyarakat meningkat dan potensi wisata Sariland yang ada bisa dikenal masyarakat luas dan adanya Huntara ini tentunya dapat meringankan beban warga yang terdampak bencana,” kata Surati.

Editor :Redaksi

Berita Terkait

Berita Terkini

- Advertisement -