Ini Hasil Swab Massal Ratusan Petugas Lapangan di Cilacap

Cilacap, Serayunews.com-Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap telah melakukan tes swab massal tahap I kepada para petugas di lapangan. Ada sebanyak 360 orang yang sudah dilakukan tes swab.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap dr Pramesti Griana Dewi mengatakan jika tes swab dilakukan untuk meningkatkan surveilance, atau menambahan pemeriksaan, serta deteksi dini, terutama bagi kelompok yang rawan terpapar. Terutama yang bertugas di lapangan selama pandemi Covid-19.

“Kami telah melaksanakan tes PCR atau swab secara serentak tahap 1 kepada 360 orang, dan hasilnya seluruhnya negatif Covid-19,” ujarnya, Sabtu (27/6/2020).

Kelompok rentan yang di tes diantaranya tenaga kesehatan di RSUD, tim tracing Dinkes, TNI, Polri, anggota Satpol PP, Dinas Perhubungan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), petugas pasar DPKUKM, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Palang Merah Indonesia (PMI), Bappeda, BKPPD. Termasuk sejumlah masyarakat yang hasil rapid tes reaktif.

Pemeriksaan atau tes swab massal ini tidak hanya berhenti sampai disitu. Karena akan dilanjutkan dengan tahap 2, yang direncanakan akan dilaksanakan pada minggu besok.

“Untuk tahap 2 Kami akan melakukan tes swab kepada tenaga Kesehatan di 38 puskesmas, Gugus Tugas Kecamatan di 24 kecamatan, dan masyarakat dengan rapid tes reaktif dan kontak erat/kontak dekat pasien konfirm,” katanya.

Komentar