Selasa, 9 Maret 2021

Ini Tiga Daftar Potensi Industri Besar yang Akan Dikembangkan Pemkab Cilacap

Pelabuhan Alam Mendukung Investasi dan Pembangunan di Kabupaten Cilacap. Kapal pengangkut raw material (bahan mentah industri) bersandar di kawasan pelabuhan Tanjung Intan Cilacap

Pemerintah Kabupaten Cilacap akan mengembangkan tiga industri besar dengan melihat potensi yang ada setelah ditetapkan sebagai pusat kegiatan nasional. Kegiatan tersebut yakni industri energi, industri pertanian dan industri perikanan.


Cilacap, Serayunews.com

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman. Menurutnya ada tiga prioritas yang akan dikembangkan ke depan di Kabupaten Cilacap dengan melihat potensi sumber daya alam yang ada.

“Pertama Cilacap menjadi daerah pengembangan industri energi, kita punya Pertamina, kita punya PLTU sekarang kurang lebih ada 3000 mega watt, sebagai dukungan untuk program 35 ribu mega watt, serta industri-industri yang lain,” ujar Wabup.

Lebih lanjut menurutnya, pengembangan industri yang ke dua adalah sektor pertanian. Dikatakan bahwa Cilacap merupakan daerah industri, namun sektor pertaniannya juga tumbuh dengan optimal.

Selain itu, menurutnya Cilacap selalu menjadi tiga besar penyangga ketahanan pangan untuk Jawa Tengah, dan selalu masuk 10 besar nasional ketahanan pangan yang surplusnya di bidang produksi padi.

“Oleh karena itu, dua hal industri energi dan pertanian belum lengkap, karena kita memiliki 197 kilo meter panjang patai, harapannya ketika Cilacap ditetapkan sebagai pusat kegiatan nasional (PKN), yang ke tiga adalah potensi industri perikanan,” ujarnya.

Dikatakan, Potensi pengembangan PKN, nantinya Cilacap menjadi poros sumbu pengembangan Jawa bagian selatan, yang sudah direncanakan pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan mulai dari Bandung- Cilacap, Jogjakarta-Cilacap maupun Tegal-Cilacap.

“Industri perikanan satu potensi yang luar biasa apalagi kita sedang berupaya mengembangkan Kawasan Peruntukan Industri (KPI), harapnya ada industri perikanan terpadu di Cilacap, baik ini yang perikanan tangkap laut, maupun perikanan budidaya,” imbuhnya.

Ia menambahkan, sesuai dengan Peraturan Presiden (PP) nomor 13 tahun 2017, Cilacap menjadi pusat kegiatan nasional, potensi industri yang akan dan sedang dikembangkan diantaranya pengembangan industri energi, pengembangan industri pertanian dan pengembangan industri perikanan.

Editor :Redaksi

Berita Terkait

Berita Terkini

- Advertisement -