Selasa, 18 Mei 2021

Jadilah Konsumen Cerdas Ditengah Serbuan Pengunjung Pusat Perbelanjaan, Ini Tipsnya

Kasi Distribusi Perdagangan Disperindag Purbalingga, Martha Dwi Hudiyati

Sudah menjadi tradisi ketika menjelang hari raya Idul Fitri, pusat perbelanjaan sangat ramai. Masyarakat berbondong-bondong membeli berbagai keperluan untuk lebaran. Momen tersebut kerap dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab, dengan menyajikan produk tak layak. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk lebih waspada dan jadilah konsumen cerdas.


Purbalingga, serayunews.com

Kasi Distribusi Perdagangan Disperindag Purbalingga, Martha Dwi Hudiyati mengatakan, masyarakat harus lebih teliti saat membeli. “Jadilah konsumen cerdas, terlebih pada momen-momen seperti ini (Menjelang lebaran, red),” kata Martha, usai sidak makanan di sejumlah toko modern,  Selasa siang.

Martha memberikan sejumlah tips untuk jadi konsumen cerdas :

1. Perhatikan masa kadaluarsa

Menjelang lebaran daya beli masyarakat naik drastis. Momen seperti itu kerap dimanfaatkan, untuk menampilkan produk yang kurang layak. Baik sudah kadaluarsa atau masa berlaku yang nyaris habis. Tentunya, itu berdampak pada kualitas produk tersebut.

“Kalau kadaluarsa habis itu jelas berbahaya,” ujarnya.

2. Perhatikan kemasan produk

Nyatanya, hasil sidak yang dilakukan, ditemukan sejumlah produk yang kemasannya masih bagus. Namun, masa kadaluarsanya nyaris atau mendekati akhir. Tentu itu akan berdampak pada kualitas produknya.

Kalau kemasannya kurang layak, bisa juga karena produksi lama. Bisa jadi pula, kerusakan kemasan selama distribusi, akan mempengaruhi isi kemasan.

3. Perhatikan komposisi bahan

Produk makanan kemasan, diwajibkan mencantumkan komposisi bahan yang digunakan. Termasuk juga bahan pewarna untuk suatu makanan. Apakah berbahaya atau tidak. Maka untuk menjaga kesehatan penting memperhatikan komposisi bahan.

4. Tidak terpengaruh diskon

Seperti hukum pasar, ketika permintaan tinggi, harga juga naik. Maka, menjadi konsumen cerdas sangat diperlukan. Harus bisa memilah belanja yang benar-benar menjadi kebutuhan, bukan sebatas keinginan.

“Ketika permintaan masyarakat tinggi, bisa mempengaruhi harga yang juga ikut naik,” kata dia.

5. Bawa list barang yang akan dibeli

Sebelum berangkat ke pasar atau toko modern perlu juga membuat list barang yang akan dibeli. Tentunya barang itu barang yang benar-benar dibutuhkan. Sehingga, saat berada di tempat perbelanjaan langsung tertuju pada barang yang diperlukan. Sehingga tidak terjadi pembengkakan uang belanja, karena membeli barang yang tidak diperlukan.

Baca juga Roti Menjamur dan Produk Kadaluarsa Ditemukan Saat Razia di Sejumlah Toko Modern di Purbalingga

Editor :M Amron

Berita Terkait

- Advertisement -

Berita Terkini