Selasa, 18 Mei 2021

Jalan Lingkar Banjarnegara Ditarget Selesai Akhir Pekan Ini

Jalan Lingkar Banjarnegara

Meski dalam kontrak surat perintah kerja (SPK) pembangunan jalan lingkar Banjarnegara masih cukup waktu, namun pembangunan jalan yang membuka akses utara Banjarnegara ini terus dikebut. Targetnya akhir pekan ini selesai.


Banjarnegara, serayunews.com

Pembangunan jalan lingkar Banjarnegara yang menggunakan rabat beton dengan panjang hampir 2 kilometer dan lebar 7 meter ini ditargetkan dapat selesai sebelum Lebaran. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab adanya jalan ini akan mempermudah masyarakat dalam menjalani akses ekonomi serta mempermudah masyarakat dalam menjalin silaturahmi saat Lebaran nanti.

Jalan rabat beton dengan ketebalan mencapai 40 sentimeter ini ditargetan selesai pengerjaan utama pada hari ini, sehingga tinggal menunggu umur jalan untuk dapat dilalui.

“Kita berharap sebelum Lebaran ini bisa dibuka,” kata Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono.

Menurutnya, sebenarnya pembangunan jalan ini sudah lama direncanakan, namun baru tahun 2021 ini dapat terealisasi. Jalan ini, katanya, sangat strategis dan sudah cukup lama rusak.

“Jalan lingkar ini sangat strategis untuk menghubungkan beberapa wilayah di Banjarnegara, termasuk jalur alternatif masyarakat dari arah barat menuju Dieng tanpa harus melintas Kota Banjarnegara. Selain akses ekonomi, jalur ini juga sekaligus memudahkan akses pendidikan dan kesehatan masyarakat utara Sungai Serayu,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Bina Marga DPU PR Banjarnegara Hermawan Tutut mengatakan, pembangunan jalan lingkar Pucang menuju Banjarmangu ini merupakan kegiatan peningkatan jalan se Kecamatan Bawang dengan anggaran sebesar Rp 10,773 miliar. Dana tersebut terbagi untuk pembangunan dua akses jalan, yakni jalan lingkar Pucang-Banjarmangu dan ruas jalan Majalengka-Lebakwangi.

“Untuk waktu pengerjaan sesuai dengan SPK yakni 210 hari kalender yang dimulai sejak 31 Maret. Namun kalau melihat progresnya, pembangunan utama jalan sudah selesai hari ini, sisa waktu tinggal penyempurnaan saja,” ujarnya.

Berita Terkait

- Advertisement -

Berita Terkini