Minggu, 28 Februari 2021

Jembatan Sungai Putih di Kejobong Purbalingga Amblas, Ini Rekayasa Lalulintasnya

Jembatan Sungai Putih di Desa Bandingan Kecamatan Kejobong Ambles

Jembatan Sungai Putih di Desa Bandingan Kecamatan Kejobong Ambles. Kondisi tersebut menjadi rawan untuk dilalui kendaraan berat. Sehingga demi keamanan maka dilakukan pengalihan arus lalu lintas di ruas jalan tersebut.


Purbalingga, serayunews.com

Kasat Lantas Polres Purbalingga, AKP Fadli melalui Kanit Dikyasa Iptu Muslimun menyampaikan, jalan aspal pada Jembatan Kaliputih Desa Bandingan, Kecamatan Kejobong ambles. Mengatasi kondisi jalan ambles maka dilakukan rekayasa jalur. Langkah tersebut dilakukan karena melihat kondisi jembatan yang membahayakan.

“Telah terjadi Jembatan Ambles di  jalan Raya Desa Bandingan Kecamatan Kejobong. Oleh karenanya kami lakukan Rekayasa Lalu Lintas,” katanya, kemarin.

Ruas jalan tersebut, lanjutnya, biasa dimanfaatkan sebagai akses penghubung masyarakat menuju wilayah kota Purbalingga. Bahkan, sebagai jalur alternatif Purbalingga – Banjarnegara. Demi keamanan, untuk sementara jalan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

“Arus Lalu Lintas dari Kaligondang, Purbalingga menuju Kejobong atau Banjarnegara dialihkan melalui Simpang Penolih. Sedangkan arus lalu lintas dari Kejobong, Banjarnegara menuju Kaligondang, Purbalingga,  dialihkan melalui simpang Balai Desa Bandingan,” katanya.

Petugas telah memasang garis polisi sebagai tanda untuk tidak dilalui. Sedangkan di persimpangan, juga telah dipasang rambu petunjuk jalur alternatif.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Kabupaten Purbalingga, Cahyo Rudiyanto mengatakan, penggantian jembatan Kali Putih, sebenarnya sudah masuk dalam rencana. Penggantian jembatan itu diusulkan di tahun anggaran 2022.

“Rencana masuk diusulkan pada TA 2022,” ujarnya.

Namun, karena saat ini kondisi sudah ambles, maka tetap akan ditangani tahun ini. Hanya saja, untuk penanganan ini menggunakan anggaran pemeliharaan rutin jembatan.

“Sementara kami rencanakan ditangani dengan pemeliharaan rutin jembatan  Tahun 2021,” kata dia.

Cahyo menambahkan, mengenai sejumlah titik jalan rusak, juga sedang dalam penanganan. Penambalan jalan sedang dilakukan pemeliharaan rutin jalan dimulai dari arah Kejobong ke Bandingan.

Editor :Redaksi

Berita Terkait

Berita Terkini

- Advertisement -