More

    Ini Cara Memulai Gaya Hidup Bebas Sampah

    Purwokerto, Serayunews.com- Persoalan sampah masih menjadi masalah besar di Indonesia, termasuk di Kabupaten Banyumas. Bahkan, di Banyumas sempat mengalami masalah sangat serius dengan sampah.

    Sampah rumah tangga yang menumpuk dengan pembuangan sampah yang minim dan penuh menjadi masalah serius. Sampah-sampah berserakan dihampir seluruh jalanan. Permasalahan sampah tersebut menjadi PR serius pemerintah daerah.

    Namun, sebenarnya permasalahan sampah bukan hanya menjadi pekerjaan rumah pemerintah saja tapi memerlukan peran serta masyarakat. Sebab, mayoritas sampah dihasilkan dari sampah rumahtangga.

    Masyarakat bisa turut membantu menyelamatkan bumi melalui gerakan-gerakan sederhana seperti mengubah gaya hidup menjadi bebas sampah atau zero waste. Dilansir dari zerowaste.id, secara sederhana, zero waste yakni soal menjauhi single use plastic atau plastik yang hanya digunakan sekali. Supaya sampah tidak dikirim ke landfill.

    Zerowaste itu tidak hanya mengenai recycle atau mendaur ulang saja, tapi dimulai dari Refuse, Reduce and Reuse. Saat benar-benar sudah tidak memungkinkan untuk 3 hal tadi, baru dilakukan Recycle dan Rot. 5R ini menjadi pegangan untuk mengarah kepada gaya hidup tanpa limbah sehingga dapat menciptakan lebih sedikit limbah dan menggunakan sumber daya alam secara bijaksana.

    Zero waste menantang kita untuk mengevaluasi gaya hidup kita dan melihat bagaimana sesuatu yang kita konsumsi bisa berdampak negatif terhadap lingkungan. Berikut beberapa hal sederhana dan mudah untuk memulai gaya hidup zero waste.

    1. Gunakan Kantong Reusable

    Kampanye mengurangi kantong plastik sudah digaungkan sejak lama. Kita bisa mencoba hal sederhana ini dengan memilih menggunakan kantong kertas atau kain dari rumah. Yang bisa digunakan kembali saat belanja. Dengan menerapkan kebiasaan ini, kita sudah turut mengurangi sampah plastik.

    2. Manfaatkan Kain Lama

    Baju atau kain lainnya yang sudah lama tidak terpakai masih bisa dimanfaatkan. Jangan langsung membuangnya. Kamu masih bisa memanfaatkannya sebagai kain lap, atau kain seprai yang dijadikan pelapis saat mendekorasi ruangan. Atau baju yang masih bagus pakai bisa disumbangkan untuk yang lebih membutuhkan.

    3. Belanja Secara Efisien

    Kebiasaan kalap saat belanja terutama makanan membuat semakin banyak food waste di bumi. Kebiasaan buruk ini sudah seharusnya dikurangi.  Jangan sampai over buying bahan makanan. Jangan sampai ada bahan makanan yang membusuk sebelum dimasak. Jangan menggunakam produk yang sering tidak digunakan.

    4. Jangan Gunakan Item Sekali Pakai

    Salah satu limbah terbesar adalah kemasan sekali pakai, seperti cup kopi maupun makanan ringan. Maka dari itu, kurang-kurangi ya! Bagaimana, apakah kamu sudah siap memulai gaya hidup zero waste? Yuk mulai membiaskan diri dari hal sederhana di atas!

    Berita Terkini

    Ratusan Barang Kuno di Museum Soegarda Purbalingga Dikaji

      Ratusan koleksi Museum Prof Dr R Soegarda Poerbakawatja dikaji dan didokumentasikan. Pengkajian dilakukan oleh tim Padma, dan arkeolog sejak Juli lalu. Nantinya, hasil kajian...

    Berita Terkait