Minggu, 28 Februari 2021

Kudu Priyatin! Bantuan Langsung Tunai APBD  Cilacap 2021 Ditiadakan

Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah  (APBD) Kabupaten Cilacap untuk tahun 2021 tidak dilanjutkan kembali.


Cilacap, Serayunews.com

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cilacap Taryo mengatakan, jika Pemkab belum menganggarkan bantuan sosial atau bansos bagi masyarakat di tahun 2021 ini. Namun bansos dari pemerintah pusat tetap berlanjut.

“BLT APBD bagi masyarakat tersebut saat ini belum dianggarkan. Sama halnya dengan bantuan sosial dari Provinsi Jawa Tengah juga belum dilanjutkan pada tahun ini,” ungkapnya saat dihubungi Serayunews.com, Rabu (20/1/2021).

Taryo menjelaskan, ditahun 2020, ada sebanyak 59.620 keluarga penerima manfaat atau KPM yang mendapatkan BLT karena adanya pandemi Covid-19.

Penerima BLT APBD tahun 2020 tersebut disalurkan dalam dua tahap. Yakni melalui Bank Jateng, yang kemudian diserahkan kepada penerima melalui desa dan kelurahan masing-masing.

“Bantuan sosial diberikan sebagai upaya untuk memperkuat ketahanan pangan masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Sehingga pemerintah bisa turut membantu perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Ia menambahkan, masing-masing KPM mendapatkan BLT sebesar Rp 200 ribu perbulan dan disalurkan untuk empat bulan, dalam dua tahap. Jadi tiap KPM mendapat Rp 400 ribu per tahap.

Sementara itu Nining warga Kelurahan Kebonmanis Kecamatan Cilacap Utara, yang menjadi salah satu penerima manfaat BLT APBD Cilacap menyebutkan, dirinya sangat terbantu dengan adanya BLT ini. Ia berharap di tahun 2021, bisa mendapatkan bantuan kembali.

“Saya sangat terbantu dengan adanya BLT ini. Karena bisa meringankan beban ekonomi keluarga, karena semenjak pandemi penghasilan saya menurun dratis,” ujar Nining yang berprofesi sehari-harinya menjadi asisten rumah tangga.

Berita Terkait

Berita Terkini

- Advertisement -