Selasa, 18 Mei 2021

Kunjungan Wisata di Banyumas saat Lebaran Dipastikan Menurun

Lokawisata Baturaden siap menyambut wisatawan pada libur lebaran

Kunjungan wisatawan selama libur Lebaran nanti dipastikan menurun dratis akibat adanya larangan mudik. Meskipun begitu sampai dengan hari ini Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas belum melakukan revisi target perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor wisata.


Purwokerto, serayunews.com

Target PAD dari sektor pariwisata Banyumas untuk tahun ini Rp 15,6 miliar. Target tersebut diperoleh dari beberapa tempat wisata seperti Lokawisata Baturraden, Taman Andhang Pangrenan (TRAP), Taman Bale Kemambang, Pangsa Soedirman dan lain-lain.

“Sampai hari ini kita belum melakukan revisi target PAD, karena revisi bisa dilakukan saat perubahan anggaran nanti,” kata Kepala Dinporabudpar Kabupaten Banyumas, Asis Kusumandani, Senin (3/5/2021).

Sementara itu, disinggung tentang perkiraan penurunan jumlah pengunjung Lokawisata Baturraden maupun tempat wisata lainnya di bawah pengelolaan pemkab pada saat libur lebaran nanti, Asis mengaku belum bisa memprediksi prosentase penurunan secara pasti. Sebab, pada libur lebaran tahun lalu yang sama-sama dalam situasi pandemi, seluruh tempat wisata ditutup.

“Belum ada pembanding, jadi kita belum bisa memprediksi penurunannya, karena tahun lalu saat libur lebaran di tengah pandemi Covid-19 semua tempat wisata tutup,” katanya.

Hanya saja, pada libur lebaran nanti, dipastikan seluruh tempat wisata di Banyumas hanya mengandalkan wisatawan lokal saja, antara lain dari kabupaten di wilayah Barlingmascakeb, yaitu Banyumas, Purbalingga, Cilacap, Banjarnegara dan Kebumen. Tingkat kunjungan wisata sendiri saat ini bisa dibilang cukup sepi. Untuk Lokawisata Baturraden misalnya, pada hari biasa tingkat kunjungan hanya sekitar 200 orang. Sedangkan pada libur akhir pekan, peningkatannya tidak terlalu banyak, masih di bawah 500 orang pengunjung.

“Karena kunjungan wisata menurun, kita juga tidak berani untuk menaikan harga tiket masuk, jadi untuk Lokawisata Baturraden, harga tiketnya masih tetap sama yaitu Rp 25.000 untuk hari libur nasional dan  akhir pekan, serta Rp 20.000 untuk hari biasa,” terangnya.

Sejauh ini Lokawisata Baturraden masih menjadi temat favorit bagi wisatawan lokal, selain mudah dijangkau, lokasinya juga luas dan menyajikan wisata alam dengan udara segar. Terlebih sekarang wahana wisatanya sudah bertambah dengan taman bunga Kudi, yang menyajikan berbagai macam jenis bunga.

Berita Terkait

- Advertisement -

Berita Terkini