Sabtu, 17 April 2021

Lansia di Banyumas yang Selesaikan Vaksin Baru 0,04 %

vaksin lansia banyumas, vaksinasi banyumas, serayunews, serayu news, berita terkini, berita hari ini
Lansia antri untuk vaksin massal di GOR Satria

Sampai dengan hari ini, pelaksanaan vaksin untuk kalangan lansia di Kabupaten Banyumas baru 72 orang atau 0,04 % yang sudah menyelesaikan vaksin hingga tahap kedua. Jumlah tersebut masih jauh dari sasaran yang ditentukan yaitu sebanyak 169.532 orang.


Purwokerto, Serayunews.com

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas, Sadiyanto mengatakan, dari pendataan terbaru untuk sasaran lansia sebanyak 169.532 orang. Dari jumlah tersebut yang sudah menjalani vaksin tahap pertama ada 15.690 orang atau 9,3%. Intuk yang sudah selesai hingga vaksin tahap kedua baru 72 orang atau 0,04%.

“Kondisi lansia itu beragam, ada yang menderita sakit darah tinggi, diabetes, sakit jantung dan penyakit bawaan lainnya, sehingga harus dipastikan terlebih dahulu kondisinya sehat dan normal, baru dilakukan vaksin. Jadi memang butuh waktu lebih untuk menyelesaikan tahapan vaksin terhadap kalangan lansia,” terangnya, Minggu (4/4).

Sebagaimana diketahui, kalangan lansia terutama yang usianya di atas 60 tahun, sebagian besar juga merupakan kormobid. Sehingga sebelum menjalani vaksin harus dilakukan pemeriksaan kesehatan serta untuk yang disertai penyakit berat, seperti jantung dan lainnya, harus ada izin terlebih dahulu dari dokter yang merawatnya.

Selain lansia, yang juga masih jauh dari target pencapaian sasaran yaitu kalangan petugas pelayanan publik. Dari jumlah sasaran sebanyak 101.958 orang tenaga pelayanan publik, yang sudah menyelesaikan vaksin tahap pertama ada 16.871 orang atau 16,5% dan yang sudah finish hingga vaksin tahap kedua baru 10.276 orang atau 10,1%.

Sedangkan untuk vaksin di kalangan tenaga kesehatan, untuk vaksin pertama sudah mencapai 11.135 orang (117,9%) dan untuk vaksin tahap kedua ada sebanyak 11.052 orang (117%) yang sudah menyelesaikannya.

“Untuk vaksin Covid-19, terus kita lakukan setiap hari, sepanjang stok vaksin ada, karena pengiriman stok vaksin bertahap. Namun, prioritas lansia tetap kita kedepankan, sehingga alokasi vaksin yang ada saat ini difokuskan untuk yang menjadi prioritas terlebih dahulu,” jelasnya.

Baca juga Kuota Vaksin Massal di Banyumas Ditambah 750 per Hari

Berita Terkait

- Advertisement -

Berita Terkini