Lima Orang Keuskupan Purwokerto Positif Covid-19

Purwokerto, Serayunews.com- Sebanyak lima orang dari Gereja Katolik Keuskupan Purwokerto dinyatakan positif Covid-19. Lima orang tersebut tiga diantaranya merupakan pastor dan dua lainnya merupakan karyawan gereja tersebut. Dampak dari terpaparnya lima orang tersebut, peribadatan dan kegiatan gereja ditiadakan sementara.

Menurut keterangan Uskup Purwokerto, Mgr Christophorus Tri Harsono tiga pastor dan dua karyawan tersebut, saat ini sudah menjalani karantina untuk penyembuhan Covid-19.

“Satu pekan ini tidak ada misa dulu,” kata dia, Sabtu (1/8) saat dikonfirmasi oleh sejumlah awak media.

Sementara itu menurut Sekretaris Keuskupan Purwokerto, Pastor FX Bagyo Purwosantoso Pr terpaparnya Covid-19 lima orang tersebut, setelah adanya swab yang dilakukan oleh petugas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas di komplek Gereja Katedral Purwokerto.

Hasil test swab muncul pada hari Rabu (29/7), dan pihaknya diberitahukan jumlah orang yang positif sebanyak lima orang.

“Sekarang mereka sudah diisolasi di rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut,” kata dia.

Bagyo menambahkan, kronologi swab tersebut Pemerintah Daerah (Pemkab) Banyumas mengadakan banyak test swab untuk melacak Covid-19.

Kemudian pihaknya ditawari untuk diadakan test bagi keuskupan. Dari hasil swab tersebut ternyata lima orang dinyatakan positif.

“Kelima orang ini tidak tinggal di rumah yang sama dan kelimanya adalah OTG (Orang Tanpa Gejala, red), maka itu untuk mendapat kepastian perlu menjalani test lagi,” kata dia.

Komentar