Mobil Senyum Rapid, Beneran Bikin Senyum Warga

Cilacap, Serayunews.com-Inovasi kembali dilakukan oleh Kepolisian Resor Cilacap meski di tengah pandemi Covid-19. Dengan meluncurkan Mobil Senyum Rapid atau kependekan dari Seneng Nyumbang Rakyat Peduli Covid.

Melalui mobil ini, masyarakat akan dibuat tersenyum. Bukan karena mobil ini untuk tes rapid atau deteksi virus corona. Pasalnya mobil box tersebut berisi kebutuhan pokok masyarakat.

“Isi dari mobil ini adalah berupa sembako dan juga sayur-sayuran, yang dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujar Kasatlantas Polres Cilacap AKP Fandi Setiawan, Jumat (26/6/2020).

Sembako maupun sayuran yang ada, merupakan sumbangan dari lintas komunitas lalu lintas yang ada di Cilacap, dengan memiliki anggota ratusan ribu.

Nantinya, kendaraan tersebut, setelah diisi sembako dan juga sayuran, akan bergantian dari satu kecamatan ke kecamatan lain, berkeliling membagikan kepada masyarakat.

Mobil Senyum Rapid ini pertama dioperasionalkan di Desa Pekuncen Kecamatan Kroya, pada Jumat siang. Ratusan paket sembako dan sayuran sudah disiapkan dan kemudian dibagikan kepada warga yang membutuhkan di desa tersebut.

Kapolres Cilacap AKBP Dery Agung Wijaya mengatakan Mobil Senyum Rapid ini merupakan inisiatif Satlantas dalam rangka HUT Bhayangkara ke-74. Meskipun demikian, Kapolres berharap agar keberadaannya tidak hanya formalitas saja, tetapi dilakukan secara terus menerus. Sehingga benar-benar bisa meringankan beban masyarakat di tengah pandemi.

“Saya berharap ini tidak hanya formalitas, sekarang jalan, tapi besok sudah di kantor karena tidak ada isinya, ini harus berkelanjutan, sampai pandemi selesai,” katanya.

Untuk itu, kendaraan tersebut harus terus diisi, maka Polres Cilacap juga mempersilahkan masyarakat untuk ikut mengisi Mobil Senyum Rapid ini.

“Siapapun boleh mengisi. Jadi ini memang dari masyakarat dan untuk masyarakat, kami hanya memfasilitasi, selain mengantarkan juga,” katanya.

Sasarannya pun harus tepat, dengan memberikan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Sesuai dengan pemetaan yang sudah dilakukan oleh Satlantas Polres Cilacap.

Salah satu warga yang menerima, Soleh mengaku bersyukur dengan sembako yang diberikan. Dia pun tersenyum mendapatkan bantuan tersebut.

“Alhamdulillah, masih diperhatikan dengan diberikan sembako dan sayur, benar-benar bikin senyum sumringah,” katanya usai mendapatkan sembako dari Mobil Senyum Rapid.

Komentar